Komunikasi interpersonal customer relation dalam menangani keluhan pelanggan: layanan aqiqah Al­ Hasyimi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofyan, Denny (2012) Komunikasi interpersonal customer relation dalam menangani keluhan pelanggan: layanan aqiqah Al­ Hasyimi Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini, terdapat satu fokus pennasalahan yang hendak dikaji, yaitu bagaimana komunikasi interpersonal customer relation dalam menangani keluhan pelanggan pada layanan aqiqah Al-Hasyimi Surabaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut, disini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sebuah pendekatan interaksi simbolik.kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan tehnik analisis domain. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan atas tiga identifikasi yang mana (1) media komunikasi interpersonal Customer Relation dalam menangani keluhan lebih adalah telephon dan tatap muka secara langsung. (2) simbol-simbol umum serta yang menjadi ciri khas dari Customer Relation Al-Hasyimi mendukung interpretasi sebuah pesan yang disampaikan kepada pelanggan. (3) segi personality dari Customer Relation turut membantu clan berperan penting dalam proses interaksi merubah sikap dan perilaku pelanggan yang mengeluh. Dari tiga identifikasi tersebut " penanganan keluhan pelanggan dilakukan dalam dua cara yaitu melalui media telepon dan tatap muka, diawali dengan sapaan, senyum sebagai simbol keramahan, kemudian pemberian attention (proses Atribusi) dengan cara diam, mendengarkan dengan baik setiap keluhan pelanggan seolah customer relation mengalami hal yang sama, berikutnya diikuti permintaan maaf serta ucapan terimakasih atas penyampaian keluhanya (interest) dan baru melakukan konfinnasi atas masalah yang terjadi herbekal pengalaman yang pemah ditemui dan dirasakanya. Disaat pelanggan lebih mengedepankan egositasnya customer relation tetaplah prosional (senyum, Sabar, ramah) Dan diakhiri pemberian sebuah jaminan".

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofyan, DennyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi Interpersonal; Customer Relation; Menangani Keluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2017 08:04
Last Modified: 22 Jun 2017 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17421

Actions (login required)

View Item View Item