Pembelajaran berbasis proyek dalam melatih ketrampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: studi multikasus di SMA Negeri 3 Sidoarjo dan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jazilah, Hikmatul (2017) Pembelajaran berbasis proyek dalam melatih ketrampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: studi multikasus di SMA Negeri 3 Sidoarjo dan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (509kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini hendak membahas bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dalam melatih ketrampilan berfikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?, Bagaimanakah ketrampilan berpikir kritis siswa?, Apa kendala dan solusi pelaksanaaan pembelajaran berbasis proyek dalam melatih ketrampilan berfikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Sidoarjo dan SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologis, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian. Untuk melihat keabsahan data digunakan teknik trianggulasi data dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh tentang penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam melatih ketrampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Sidoarjo dan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, maka dapat disimpulkan bahwa: pertama, penerapan pembelajaran berbasis proyek di SMAN 3 Sidoarjo dan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo sudah sesuai dengan langkah–langkah pembelajaran berbasis proyek. Kedua, ketrampilan berpikir kritis di SMAN 3 Sidoarjo tergolong sangat baik dengan rata-rata sebanyak 83,7% begitu pula di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo tergolong sangat baik pula dengan rata-rata sebanyak 86,1%. Ketiga, memiliki kendala dan solusi dalam melaksanaaan pembelajaran berbasis proyek dalam melatih ketrampilan berfikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Sidoarjo dan SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jazilah, Hikmatuljazil.mr4@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: PAI; pembelajaran berbasis proyek; ketrampilan berpikir kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jazilah Hikmatul
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:58
Last Modified: 20 Sep 2017 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17600

Actions (login required)

View Item View Item