الاستفهام و معانيه قي القصة القصيرة "انا الموت" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Diana Septiani (2017) الاستفهام و معانيه قي القصة القصيرة "انا الموت" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (807kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Al-Istifham dan makna-maknanya dalam cerpen “ Akulah Kematian” Karya Taufiq Al-Hakim Balaghah merupakan suatu disiplin ilmu yang berlandaskan kepada kejernihan jiwa dan ketelitian menangkap keindahan-keindahan dan kejelasan perbedaan yang samar di antara macam-macam ungkapan. Balaghah terdiri atas ilmu Bayan, ilmu Ma’ani, dan ilmu Badi’. Peneliti dalam hal ini akan membahas yang berkaitan dengan ilmu ma’ani yaitu Al-istifham. Istifham adalah meminta agar mengetahui tentang sesuatu. Pembahasan dalam skripsi ini mengkaji tentang Al-Istifham dalam cerpen “Akulah Kematian” karya Taufiq Al-Hakim, dengan pendekatan ilmu Balaghah. Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah ini meliputi dua hal yaitu: Apa saja jenis Istifham dan maknanya yang hakiki dalam cerpen “Akulah Kematian” Karya Taufiq Al-Hakim dan Apa saja Istifham dan makna-maknanya yang keluar dari makna hakiki dalam cerpen “ Akulah Kematian” Karya Taufiq Al-Hakim. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif serta pengumpulan data dengan menggunakan library research, kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui jenis istifham dan maknanya yang hakiki dan makna-makna istifham yang keluar dari makna hakiki dalam cerpen “Akulah Kematian” Karya Taufiq Al-Hakim. Peneliti mengambil beberapa teori balaghah dari buku-buku yang mudah dipahami penjelasannya seperti kitab Al-Balaaghatul Waadhihah. Adawatul Istifham secara umum yang dikemukakan oleh ahli ilmu balaghah berjumlah 11 huruf, sedangkan dalam cerpen “Akulah Kematian” karya Taufik Al-Hakim berjumlah 7 huruf terdiri dari ( أ, هل, ما, كيف, من, اين, كم ) Dari kajian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kalimat yang mengandung Adawat Istifham sebanyak 52 data. Yaitu makna istifham hakiki sebanyak 17 kalimat, dan istifham dan makna-maknanya yang keluar dari makna hakiki sebanyak 35 kalimat. Makna istifham hakiki diantaranya yaitu: hamzah tashawwur 1 kalimat, hamzah tashdiq 3 kalimat, hal tashdiq 1 kalimat, maa tashawwur 8 kalimat, kaifa tashawwur 2 kalimat, aina tashawwur 1 kalimat, kam tashawwur 1 kalimat. Adapun istifham dan makna-maknanya yang keluar dari makna hakiki diantaranya yaitu: al-isti’nas 1 kalimat, al-inkar 2 kalimat, at-taqrir 11 kalimat, at-tanbih ‘ala dholal at-thoriq 5 kalimat, at-tahqir 5 kalimat, al-istib’ad 2 kalimat, at-tasyhwiq 1 kalimat, at-taubih 1 kalimat, at-tahakum 3 kalimat, al-wa’id 2 kalimat, at-ta’dhim 1 kalimat, an-nahi 1 kalimat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Diana Septianidianaseptianisari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kematian
Sastra
Keywords: Sastra; Kematian
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: sari Diana septiani
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:46
Last Modified: 26 Jul 2017 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17749

Actions (login required)

View Item View Item