Terapi senam perkasa dengan symbolic modelling untuk menurunkan rendah diri siswa MA Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kalsum, Ummu (2017) Terapi senam perkasa dengan symbolic modelling untuk menurunkan rendah diri siswa MA Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Absrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah, (1) Bagaimana proses Terapi Senam Perkasa dengan Symbolic Modelling untuk menurunkan rendah diri siswa MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil Terapi Senam Perkasa dengan Symbolic Modelling untuk menurunkan rendah diri siswa MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif desain eksperimen single subject research menggunakan desain A-B-A. Penelitian dilakukan di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa dengan rentang usia 12-21 tahun yang memiliki rendah diri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket rendah diri, observasi dan wawancara. Untuk memperoleh gambaran secara jelas tentang rendah diri yang dialami oleh konseli dalam jangka waktu tertentu, maka metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah inspeksi visual, yaitu analisis dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap data yang telah ditampilkan dalam bentuk grafik. Proses terapi senam perkasa dengan symbolic modelling untuk menurunkan rendah diri siswa dilakukan sesuai yang telah diinstruksikan oleh konselor. Symbolic modelling yang digunakan oleh konselor adalah berupa buku pedoman dan video. Pelaksanaan terapi dilakukan sebanyak enam sesi, dalam setiap sesi frekuensinya tiga kali dalam seminggu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga konseli mengalami penurunan rendah diri setelah pemberian intervensi terapi senam perkasa dengan symbolic modelling. Berdasarkan review dari pelaksnanaan terapi senam perkasa dengan symbolic modelling diperoleh data bahwa pelaksanaannya memiliki pengaruh dalam menurunkan rendah diri siswa MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo, yang mana konseli MA memiliki prosentase sebesar 88% menjadi 40%, konseli AW sebesar 80% menjadi 32% dan NL sebesar 88% menjadi 40%. Semakin kecil prosentase maka hasilnya semakin membaik. Penelitian ini merekomendasikan bagi guru Bimbingan dan Konseling, konselor, orang tua, peneliti selanjutnya hendaknya dapat menerapkan terapi senam perkasa dengan symbolic modelling dalam upaya menurunkan rendah diri yang dialami siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kalsum, UmmuUmmukalsum95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja
Keywords: terapy senam perkasa; symbolic modelling; rendah diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kalsum Ummu
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:48
Last Modified: 04 Aug 2017 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18238

Actions (login required)

View Item View Item