Pengaruh ekstrakurikuler tapak suci dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afnani, Mushtofa Fajar (2017) Pengaruh ekstrakurikuler tapak suci dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (44MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangikarakter anak bangsa yang kian hari kian menurun. Hal ini dibuktikan dengan kasus- kasus yang membawa identitas di dunia pendidikan yang disebabkan oleh rendahnya moral dari peserta didik. Hal itu menyebabkan banyak siswa yang hanya pintar di kognitif tetapi karakternya rendah, seperti kurang jujur, tidak disiplin dan sebagainya. Salah satu perantara yang mampu membantu meningkatkan pendidikan karakter adalah melalui ekstrakurikuler di sekolah, khususnya ekstrakurikuler tapak suci. Rumusan masalah: (1) Bagaimana pola latihan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya ?, (2) Bagaimana pembiasaan pendidikan karakter siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dalam kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci?, (3) Bagaimana pengaruh ekstrakurikuler tapak suci dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya ?. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pola latihan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, (2) Untuk mengetahui pembiasaan pendidikan karakter siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dalam kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler Tapak Suci dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis korelasi. Sedangkan variabelnya ada dua, yakni variabel x (Pengaruh ekstrakurikuler Tapak Suci) dan variabel y (Meningkatkan pendidikan karakter siswa). Sampelnya diambil dari 30 anak yang mengikuti tapak suci dari seluruh siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode angket atau kuesioner dan metode interview/wawancara. Sedangkan untuk pengolahan datanya menggunakan editing / memeriksa, skoring dan tabulasing. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel kegiatan ekstrakurikuler tapak suci memberikan kontribusi sebesar 2,85% terhadap pendidikan karakter. Nilai determinasi yang sangat kecil berati variabel kegiatan ekstrakurikuler tapak suci menjalanakan variabel pendidikan karakter sangat terbatas. Sehingga faktor-faktor lain yang mempengaruhi kegiatan ekstrakurikuler tapak suci diluar pembahasan ini memberikan kontribusi sebesar 97,15 % terhadap pendidikan karakter.
Kata Kunci:Pengaruh, Ekstrakurikuler Tapak Suci, Pendidikan Karekter

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afnani, Mushtofa Fajarmustofaukor@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: ektrakurikuler tapak suci; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afnani Mushtofa fajar
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:08
Last Modified: 09 Aug 2017 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18617

Actions (login required)

View Item View Item