Profil norma sosiomatematik pembelajaran kolaboratif berbasis masalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Hasan Saifur (2017) Profil norma sosiomatematik pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil norma sosiomatematik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif berbasis masalah di MTs Zainul Hasan Genggong. Adapun jenis norma sosiomatematik yang menjadi pokok penelitian ini adalah norma sosiomatematik jenis pengaturan, kebiasaan, moral, kebenaran, dan perintah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah komunitas kelas VIII fullday umum putri MTs Zainul Hasan yang terdiri dari 32 siswa dan 1 guru matematika. Data diperoleh dari tiga macam data, yaitu data wawancara pra penelitian, data observasi kelas, dan data wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat dua norma sosiomatematik jenis pengaturan yaitu aturan untuk tidak tidur selama proses pembelajaran matematika dan mereview perkalian sebelum pembelajaran dimulai. Terdapat dua norma sosiomatematik jenis kebiasaan yaitu terbiasa mendengarkan saat ada yang menjelaskan dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai. Terdapat empat norma sosiomatematik jenis moral yaitu etika mendengarkan suara adzan, memberi isyarat tangan sebelum berpendapat, berbicara setelah dipersilahkan, dan memberi kesempatan siswa lain berpendapat. Terdapat dua norma sosiomatematik jenis kebenaran yaitu berargumentasi dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menggunakan istilah/konsep, definisi, dan teorema dalam berargumentasi. Terdapat lima norma sosiomatematik jenis perintah yaitu melakukan kegiatan diskusi sesuai dengan waktu, berargumentasi dengan bahasa yang baik dan sopan, mengerjakan masalah secara individu terlebih dahulu, menulis laporan individu, dan memberi applause kepada siswa yang presentasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Hasan Saifursaifurrahmanzahag4@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: norma sosiomatematik; pembelajaran kolaboratif berbasis masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahman Hasan Saifur
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:04
Last Modified: 09 Aug 2017 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18792

Actions (login required)

View Item View Item