Analisis hukum Islam terhadap praktik pemberian komisi kepada agen pada Prulink Syariah di PT. Prudential Life Assurance Ngagel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Zulyatus (2017) Analisis hukum Islam terhadap praktik pemberian komisi kepada agen pada Prulink Syariah di PT. Prudential Life Assurance Ngagel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (478kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian yang akan menjawab pertanyaan, 1) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik pemberian komisi kepada agen pada PRUlink Syariah di PT. Prudential Life Assurance? Dan 2) Bagaimana Analisis Hukum Islam terhadap pemotongan premi peserta asuransi pada PRUlink Syariah di PT. Prudential Life Assurance? Metode penelitian ini adalah penelitan lapangan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan data yang diperoleh tentang praktik pemberian komisi kepada agen pada produk PRUlink Syariah. Kemudian dianalisis dengan pola pikir induktif, yakni mengumpulkan fakta-fakta yang bersifat khusus berupa data PT. Prudential Life Assurance, kemudian dikaji, dianalisis dan disimpulkan sehingga mengetahui bagaimanakah praktik pemberian komisi kepada agen di PT. Prudential Life Assurance. Pemberian komisi dalam Islam harus terdapat adanya dua pihak yang melakukan transaksi, ijab dan qabul dan barang yang dijadikan objek akad. Akan tetapi komisi yang diberikan kepada agen dalam ranah rukun akad tidak terpenuhi, yakni syarat keabsahan belum jelas, karena pada pemberian komisi agen tidak dijelaskan pada kesepakatan awal antara kedua belah pihak saat agen memasarkan produknya. Pada praktik pemberian komisi agen pada produk PRUlink syariah tidak diperbolehkan karena bertentangan dengan syara’ yaitu objek yang tidak jelas dan tidak ada kesepakatan di awal saat agen memasarkan produknya. Serta pemotongan premi oleh agen tidak diketahui oleh pihak peserta suransi, sehingga melanggar prinsip kerelaan dan keadilan bagi peserta asuransi. Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan kepada seluruh umat Islam untuk menolong sesama muslim tentang pentingnya asuransi maka tugas agen wajib membantu orang yang membutuhkan sehingga peserta tidak merasa dirugikan. Hal tersebut diharapkan menghindari adanya kerugian dan penyimpangan kegiatan dalam bermualamalah. Penulis juga menyarankan kepada perusahaan PT. Prudential Life Assurance agar memberikan komisi yang adil dan meningkatkan sosialisasi terhadap produk-produk asuransi syariah dan melakukan kesepakan awal yang lebih transparan. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat mengetahui tentang produk-produk asuransi syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, ZulyatusZulyatuss@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Hukum Islam
Keywords: Komisi; Prulink Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sholikhah Zulyatus
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:13
Last Modified: 09 Aug 2017 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18872

Actions (login required)

View Item View Item