Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam terhadap hasil belajar kognitif mapel pendidikan agama Islam di SMAN 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Ulfa (2017) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam terhadap hasil belajar kognitif mapel pendidikan agama Islam di SMAN 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (644kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (730kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

Judul skripsi ini di angkat dari sebuah latar belakang tentang pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohani islam terhadap hasil belajar kognitif mapel pai di SMAN 15 Surabaya. Dalam pelaksanaan ekstrakurikuler rohani islam ini siswa diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan dalam mapel PAI yang diwujudkan dalam nilai hasil belajar kognitif siswa. Selain itu siswa juga diarahkan untuk memperluas wawasan pemikiran mereka antara ilmu keagamaan dan ilmu umum, keselarasan hubungan antara tingkah laku manusia dalam lingkup sosial masyarakat dan lingkungannya, juga hubungan terhadap tuhannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah adalah ingin mengetahui secara jelas tentang pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohani islam terhadap hasil belajar kognitif mapel pai di sman 15 Surabaya. Penelitian ini merupakan penilitian yang menggunakan metode kolerasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pemgumpulan data diantaranya adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan juga mengggunakan teknik analisa data yaitu prosentase (%) dan product moment. Dari analisis data teresebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohani islam terhadap hasil belajar kognitif mapel pai di SMAN 15 Surabaya. Yang mana menunjukkan kuat, hal ini terbukti dengan analisis dari data statistik dapat dapat diketahui bahwa pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohani islam terhadap hasil belajar kognitif dalam materi pai di SMAN 15 Surabaya termasuk kategori sangat baik dan efektif. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan ekstrakurikuler rohani islam dengan hasil perhitungan 95,2%. Sedangkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran pai dengan hasil perhitungan 83,9%, dan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohani islam terhadap hasil belajar kognitif mapel pai dengan hasil nilai perhitungan 2,518%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Ulfauelfha3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler, Hasil belajar kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ULFA ULFA
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:13
Last Modified: 10 Aug 2017 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18915

Actions (login required)

View Item View Item