Tinjauan hukum Islam terhadap keabsahan akad yang berlaku pada tabungan Faedah Bank BRI Syariah iB yang mengalami perubahan tarif jasa perbankan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An Nisaa, Nur (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap keabsahan akad yang berlaku pada tabungan Faedah Bank BRI Syariah iB yang mengalami perubahan tarif jasa perbankan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul “Tinjauan Hukum Islam terhadap Keabsahan Akad yang Berlaku pada Tabungan Faedah Bank BRI Syariah iB yang Mengalami Perubahan Tarif Jasa Perbankan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana praktik akad wadi’ah pada tabungan Faedah di Bank BRI Syariah iB? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap keabsahan akad yang telah mengalami perubahan tarif jasa perbankan yang berlaku pada tabungan Faedah Bank BRI Syariah iB? Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara (interview) dan studi pustaka yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dalam menjabarkan data tentang Tinjauan Hukum Islam terhadap Keabsahan Akad yang Berlaku pada Tabungan Faedah BRISyariah iB. Selanjutnya data tersebut dianalisis dari perspektif hukum Islam dengan teknik kualitatif dalam pola pikir deduktif, yaitu dengan meletakkan norma hukum Islam sebagai rujukan dalam menilai fakta-fakta khusus mengenai akad wadi>’ah yadd d{ama>nah pada tabungan Faedah BRISyariah iB. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara keseluruhan produk tabungan Faedah BRISyariah iB, baik dari sudut pandang akad secara umum maupun akad wadi>’ah yadd d{ama>nah secara khusus telah memenuhi segala unsur keabsahan akad dalam hukum Islam, Tarif jasa perbankan tabungan Faedah BRISyariah iB bukanlah termasuk didalam akad, melainkan merupakaan wa’ad dimana dalam dalam wa’ad, term and condition-nya belum ditetapkan secara rinci dan spesifik (belum well defined). Hal ini diperbolehkan dalam hukum Islam. Pembebasan tarif jasa perbankan tabungan Faedah BRISyariah iB adalah salah satu bentuk marketing strategy untuk mendapatkan loyalitas dari Nasabah. Hal ini juga diperbolehkan dalam hukum Islam Dengan demikian, produk tabungan Faedah BRISyaiah dapat dibenarkan dalam prespektif hukum Islam. Dari kesimpulan di atas, saran yang diberikan yaitu sebaiknya pada saat melakukan akad, dalam hal ini saat mengisi dan menandatangani formulir aplikasi pembukaan tabungan Faedah BRISyariah, Nasabah diberikan copy formulir tersebut. Sehingga jika terjadi perubahan Nasabah dapat membaca kembali akad berserta syarat ketentuan yang berlaku pada tabungan Faedah BRISyariah iB tersebut sewaktu-waktu, hendaknya diberikan info mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi adanya perubahan tarif jasa perbankan pada tabungan Faedah BRISyariah tersebut baik melalui surat atau email.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An Nisaa, Nurichanuranisaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: nisaa nur an
Date Deposited: 09 Aug 2017 07:33
Last Modified: 09 Aug 2017 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18934

Actions (login required)

View Item View Item