This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Halimah, Siti Nur (2017) Analisis segmentasi masyarakat Urban Surabaya : Studi pada Jama'ah Majelis Dzikir Walisongo Lembaga Dakwah NU Surabaya Tahun 2016-2017. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (702kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (581kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (638kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (618kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (439kB) | Preview |
Abstract
Berdakwah memahamkan syariat Islam secara tepat kepada umat. Untuk itu perlu pendekatan yang tepat dalam berdakwah, agar jama’ah dapat memahami ajaran dakwah dengan tepat. Apalagi saat ini, lembaga dakwah dihadapkan dengan tantangan dakwah di era globalisasi dan karakteristik masyarakat urban kota Surabaya yang berbeda dengan masyarakat di daerah (pedesaan). Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) merancang program dakwah pada masyarakat urban dengan membentuk Majelis Dzikir Walisongo. Program ini bertujuan untuk optimalisasi kegiatan dakwah pada masyarakat perkotaan, seperti Surabaya. Dalam merancang kegiatan dakwah yang memperhatikan kebutuhan jama’ah, LDNU melakukan proses segmentasi dan memahami karakteristik jama’ah MDW. Kedepan, sesuai dengan tujuan dakwah yang dikembangkan LDNU, akan dibentuk majelis - majelis yang fokus dengan pendekatan dan materi dakwah sesuai dengan karakteristik / kebutuhan jama’ah. Penelitian ini berupaya menganalisa tahapan segmentasi yang dilakukan manajemen LDNU terhadap jama’ah MDW, mengetahui preferensi (kecenderungan) produk yang disukai jama’ah terhadap kegiatan MDW dan pendekatan dakwah yang sesuai berdasarkan karakteristik segmen jama’ah MDW. Teori yang digunakan adalah teori segmentasi pasar meliputi pola segmentasi, pendekatan segmentasi post-hoc serta tahapan segmentasi post-hoc. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan pola segmentasi jama’ah MDW adalah segmentasi homogen (pasar ceruk) dengan karakteristik jama’ah yang menyukai produk tausiyah / ceramah agama karena menginginkan manfaat peningkatan spiritual dibandingkan dengan wawasan Islam. Mereka juga menyukai ustad atau da’i yang kompeten dalam berdakwah, pandai membawa suasana sehingga membuat jama’ah merasa lebih dekat kepada Allah. Produk lain seperti istighosah (dzikir dan doa bersama) dan penampilan hadrah tetap disukai namun cenderung bukan merupakan preferensi utama
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Dakwah Dirasah Islamiyah Pemasaran |
||||||
Keywords: | Pemasaran Dakwah; segmentasi post-hoc; Majelis Dzikir Walisongo; LDNU Surabaya | ||||||
Divisions: | Program Magister > Dirasah Islamiyah | ||||||
Depositing User: | Halimah Siti Nur | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2017 03:32 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19046 |
Actions (login required)
View Item |