Pengaruh indikasi tingkat bagi hasil tabungan mudharabah dan frekuensi pencairan pembiayaan mudharabah terhadap jumlah nasabah baru di koperasi bmt nurul jannah petrokimia Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nanda Syahbana, M. Ibnuzul (2017) Pengaruh indikasi tingkat bagi hasil tabungan mudharabah dan frekuensi pencairan pembiayaan mudharabah terhadap jumlah nasabah baru di koperasi bmt nurul jannah petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (786kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Kelahiran Baitul Maal wat Tamwil (BMT) sebagai Lembaga Keuangan Syariah yang beroperasi menggunakan sistem bagi hasil sebagai alternatif pengganti bunga bank pada bank-bank konvensional, merupakan peluang bagi umat Islam untuk memanfaatkan sistem bagi hasil seoptimal mungkin. Berdasarkan pada peraktek lapangan yang peneliti lakukan di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik, setiap harinya BMT tersebut selalu ramai dikunjungi oleh banyak nasabah, terutama nasabah pembiayaan dan nasabah tabungan. Faktor seperti indikasi tingkat bagi hasil tabungan merupakan salah satu yang menjadi daya tarik beberapa nasabah untuk menabung di BMT Nurul Jannah, dan banyaknya nasabah yang ada di BMT Nurul Jannah lebih didominasi oleh nasabah pembiayaan, sehingga di setiap hari aktifnya di BMT Nurul Jannah ada banyak sekali pencairan yang terealisasikan. Hal itulah yang kemudian mendorong peneliti untuk mengkaji lebih jauh lagi, dengan mengangkat judul penelitian “Pengaruh Indikasi Tingkat Bagi Hasil Tabungan Mud{arabah dan Frekuensi Pencairan Pembiayaan Mudarabah terhadap Jumlah Nasabah baru di Koperasi BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik pada Periode Januari 2014 sampai Juli 2016 ”. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan data sekunder yang diperoleh langsung dari Koperasi BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Model uji dalam peneleitian ini ialah dengan uji regresi linier sederhana, yaitu masing-masing dari variebelnya akan diuji sendiri-sendiri, sebagai berikut; Pengaruh Indikasi Tingkat Bagi Hasil Tabungan Mud{arabah (X1) terhadap Jumlah Nasabah baru Tabungan Mud{arabah (Y1), dan Frekuensi Pencairan Pembiayaan Mud{arabah (X2) terhadap Jumlah Nasabah Pembiayaan Mud{arabah (Y2).Hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil uji pengaruh dari (uji t) antara indikasi tingkat bagi hasil tabungan mud{arabah (X1) terhadap nasabah baru tabungan mud{arabah (Y1), dan antara frekuensi pencairan pembiayaan mud{arabah (X2) terhadap dan nasabah baru pembiayaan mud{arabah (Y2) menjelaskan bahwa kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan. Sementara itu hasil dari tabel koefisien determinasi, nilai Rsquare yang didapat hanya 36,9% untuk X1 terhadap Y1, dan 45,7%, untuk X2 terhadap Y2, hasil itu menunjukan bahwa masih banyak faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah nasabah baru di Koperasi BMT Nurul Jannah Gresik selain dari variabel indikasi tingkat bagi hasil tabungan mud{arabah, dan frekuensi pencairan pembiayaan mud{arabah.Berdasarkan hasil dari penelitian ini, untuk penelitian selanjutnya yang lebih baik lagi, sebaiknya jumlah data dalam penelitian ditambahkan, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan jumlah nasabah di Koperasi BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik, dapat menggunakan variabel lain selain dari variabel indikasi tingkat bagi hasil tabungan mud{arabah, dan frekuensi pencairan pembiayaan mudarabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nanda Syahbana, M. Ibnuzulnandasyahbana17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Mudarabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahbana Muhammad Ibnuzul Nanda
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:14
Last Modified: 10 Aug 2017 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item