Kredibilitas penyelenggaraan ujian nasional Paper Based Test dan ujian nasional Computer Based Test pada mata pelajaran Matematika tingkat SMA dan MA: studi kasus di Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irmanila, Elmita (2017) Kredibilitas penyelenggaraan ujian nasional Paper Based Test dan ujian nasional Computer Based Test pada mata pelajaran Matematika tingkat SMA dan MA: studi kasus di Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB)

Abstract

Diselenggarakannya dua sistem ujian nasional yakni UN-PBT dan UN-CBT memotivasi untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan diantara keduanya, terutama terkait kredibilitasannya. Kredibilitas terhadap ujian nasional harus ditempatkan di atas segalanya agar tujuan dari penyelenggaraan ujian nasional tercapai sebagaimana mestinya terutama pada mata pelajaran matematika yang dianggap memiliki potensi ketidakjujuran yang tinggi di tingkat SMA dan MA. Oleh karena itu, tujuan diadakannya penelitian ini untuk memaparkan perbandingan dari kredibilitas penyelenggaraan UN-PBT dan UN-CBT pada mata pelajaran matematika tingkat SMA dan MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif metode survei. Sampel penelitian berjumlah 138 yang terdiri dari 120 siswa, 12 guru matematika, dan 6 kepala sekolah yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling dan sampling purposive. Sampel tersebut diperoleh dari tiga sekolah yang menyelenggarakan UN-PBT dan tiga sekolah yang menyelenggarakan UN-CBT di Kabupaten Pasuruan pada tahun 2017. Data dikumpulkan melalui 3 teknik, yaitu teknik dokumentasi, teknik kuesioner, dan teknik wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif berdasarkan kriteria RAVEN (Reputation¸ Ability to Observe¸ Vested Interest, Expertise, Neutrality). Berdasarkan hasil penelitian, pada kriteria reputation, terdapat kelemahan pada penyelenggaraan UN-CBT dibandingkan UN-PBT yakni pada sarana dan prasarana serta kualitas soal yang ditampilkan. Pada kriteria ability to observe, penyelenggaraan UN-CBT dianggap lebih baik dibandingkan penyelenggaraan UN-PBT yakni pada kemampuan untuk mengetahui kompetensi siswa yang sesungguhnya. Pada kriteria vested interest, penyelenggaraan UN-CBT jika dibandingkan dengan UN-PBT lebih mampu memberikan pengaruh tindakan yang bermanfaat dan lebih bisa meningkatkan vitalitas kinerja. Pada kriteria expertise, penyelenggaraan UN-CBT dibandingkan dengan UN-PBT lebih mampu meminimalisir tingkat kecurangan yang terjadi. Pada kriteria neutrality, siswa lebih cenderung memilih evaluasi berbasis kertas sedangkan guru lebih cenderung memilih evaluasi berbasis komputer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irmanila, Elmitaelmitanila@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: UN-PBT; UN-CBT; kredibilitas; kriteria RAVEN
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Irmanila Elmita
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:32
Last Modified: 11 Aug 2017 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19310

Actions (login required)

View Item View Item