Kiprah peran pondok pesantren dalam membentuk soft skill : studi kasus pondok pesantren mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Latifatul (2017) Kiprah peran pondok pesantren dalam membentuk soft skill : studi kasus pondok pesantren mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam upaya membimbing, mengayomi dan mendidik anak. Pendidikan seharusnya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang tidak hanya terampil dan cerdas namun juga bermoral yakni mempunyai perilaku sopan, disiplin, jujur dan mampu bekerjasama secara baik dengan orang lain.Dalam hal ini menurut penulis pola pendidikan pesantren sangat relevan jika dikaitkan dengan pembentukan moral anak karena melalui pendidikan pondok pesantren ini mereka tidak hanya diajarkan bagaimana menjadi seorang yang berintelektual tinggi namun juga bagaimana menjadi pribadi yang baik dengan pantauan penuh oleh pengasuh dan pengurus pondok pesantren. Apabila seseorang mempunyai moral atau soft skills yang baik maka dia akan dapat membawa diri dengan baik dalam pergaulannya, baik dalam berfikir, bertindak dan berucap.Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan lapangan. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan teknik deskriptif analisis yaitu menggambarkan atau menerangkan keadaan yang sebenarnya yang terjadi di lapangan untuk kemudian dianalisis oleh peneliti.Hasil dari penelitian dalam membentuk soft skill melalui pendidikan pondok pesantren yakni melalui melalui kegiatan keagamaan, pembinaan kedisiplinan, serta sikap saling kerja sama. Sedangkan atribut soft skill santri melipiti taat beribadah, jujur, disiplin, bertanggung jawab, komunikasi yang baik dan sabar.Faktor pendukung dalam membentuk soft skill santri antara lain peran pengasuh pondok yang selalu mengontrol dan membimbing setiap kegiatan, adanya pengurus yang selalu memberi motivasi dan bimbingan serta antusiasme santri dalam mengikuti kegiatan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain sarana dan prasarana yang kurang memadai serta kurangnya kesadaran dari para santri untuk melaksanakan segala aturan dengan hati yang ikhlas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Latifatulhidayah_latifah@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Peran pondok pesantren; soft skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayah Latifatul
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:02
Last Modified: 11 Aug 2017 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item