Profil struktur berpikir dalam memecahkan masalah dimensi tiga siswa dibedakan berdasarkan gaya kognitif objek dan spasial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafitri, Fauziyah Wulandari (2017) Profil struktur berpikir dalam memecahkan masalah dimensi tiga siswa dibedakan berdasarkan gaya kognitif objek dan spasial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil struktur berpikir siswa dalam memecahkan masalah dimensi tiga dibedakan berdasarkan gaya kognitif objek dan gaya kognitif spasial. Struktur berpikir adalah diagram alur yang digambarkan melalui pengkodean dari bagian-bagian proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika. Ketika siswa memecahkan suatu masalah, siswa akan mengalami asimilasi dan akomodasi dalam proses berpikirnya. Asimilasi dan akomodasi tersebut akan berlangsung secara terus menerus sampai siswa mengalami disekuilibrasi atau ekuilibrasi. Proses yang dilalui siswa dalam memecahkan masalah juga dipengaruhi oleh gaya kognitifnya. Gaya kognitif yang dibahas dalam penelitian ini adalah gaya kognitif objek dan gaya kognitif spasial yang ditemukan oleh Blazenkova dan Khozevnikov. Sebelum Blazhenkova dan Khozevnikov, Paivo telah menemukan gaya kognitif visualize dan verbalizer. Namun pada tahun 2007 Blazhenkova dan Khozevnikov menemukan bahwa jika ditinjau dari data yang diperoleh dari teknologi neuroimaging, gaya kognitif visualizer terbagi menjadi dua, yaitu gaya kognitif objek dan gaya kognitif spasial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tulis yang pada proses penyelesaiannya subjek menggunakan metode think aloud dan wawancara berbasis tugas oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Khadijah Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3, dimana subjek dipilih berdasarkan skor tes OSIQ (Object Spatial Imagery Questionair). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa dengan gaya kognitif objek dan dua siswa dengan gaya kognitif spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur berpikir antara siswa dengan gaya kognitif objek dan siswa dengan gaya kognitif spasial berbeda. Struktur kognitif siswa bergaya kognitif objek dimulai dari memahami masalah, kemudian memodelkan masalah, lalu merencanakan pemecahan masalah, setelah itu memecahkan masalah, lalu mengecek hasil pemecahan masalah, kemudian kembali lagi ke tahap memahami masalah, lalu memodelkan masalah, kemudian memecahkan masalah, dan mengecek kembali hasil yang sudah diperoleh. Sedangkan struktur berpikir siswa bergaya kognitif spasial dimulai dari memahami masalah, kemudian memodelkan masalah, lalu merencanakan pemecahan masalah, setelah itu memecahkan masalah, lalu mengecek hasil pemecahan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafitri, Fauziyah Wulandarifauziyahwuland@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Struktur berpikir; gaya kognitif objek; gaya kognitif spasial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: syafitri Fauziyah wulandari
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:13
Last Modified: 11 Aug 2017 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19351

Actions (login required)

View Item View Item