Strategi siswa kelas 8 dalam mengembangkan generalisasi pola menggunakan prism stickers problem

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adaniyah, Wachidatul (2017) Strategi siswa kelas 8 dalam mengembangkan generalisasi pola menggunakan prism stickers problem. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (863kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Pola adalah inti dan bahasa matematika. Pola erat kaitannya dengan generalisasi. Hal ini sesuai dengan pernyataan Lannin yang menyatakan bahwa mencari dan menghubungkan pola merupakan proses dasar dari generalisasi. Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menggeneralisasi pola. John K. Lannin mengggunakan cube stickers problem sebagai masalah kontekstual untuk mempermudah siswa dalam menggeneralisasi pola. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan prism stickers problem sebagai pengembangan masalah berbasis kontekstual dari cube stikers problem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan strategi siswa kelas 8 dalam mengembangkan generalisasi menggunakan prism stickers problem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi kelas VIII SMPN 2 Krian. Peneliti mengambil 2 siswa berkemampuan matematika tinggi karena siswa yang berkemampuan matematika tinggi akan memungkinkan menggunakan berbagai macam strategi dalam menggeneralisasi pola. Pemilihan subjek dilakukan melalui nilai rata-rata rapor matematika mulai dari kelas VII semester I, II hingga kelas VIII semester I. Kedua subjek yang dipilih adalah 2 siswa dengan ranking teratas. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes generalisasi pola dan wawancara. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa siswa kelas 8 berkemampuan tinggi mampu melalui keempat tahap proses generalisasi pola. Siswa mampu merumuskan pola ke-n dengan menggunakan simbol aljabar dan menjelaskannya secara verbal. Siswa juga menggunakan beragam strategi dalam menyelesaikan masalah generalisasi pola. Siswa berkemampuan tinggi cenderung menggunakan strategi counting untuk menentukan suku yang relatif kecil, dan menggunakan strategi explicit, whole object-visual adjustment dan guess and check untuk menentukan suku yang relatif besar hingga menentukan suku ke-n.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adaniyah, WachidatulAdawiyahwachida@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: generalisasi pola; strategi generalisasi pola; prism sticker problem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Adaniyah Wachidatul
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:45
Last Modified: 11 Aug 2017 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19371

Actions (login required)

View Item View Item