This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nisvullaili, Rahmita yuliani (2017) Pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) siswa di MAN 1 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (302kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (293kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (301kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Download (464kB) |
||
|
Text
Bab 3.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Download (226kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Download (218kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran aqidah akhlak lebih mengedepankan aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusiaan yang hendak ditanamkan dan ditumbuh kembangkan kedalam peserta didik. Mayoritas dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di kelas hanya sebatas indoktrinasi kepada peserta didik tanpa memperhatikan aspek pemahaman. Dalam pembelajaran aqidah akhlak, penguasaan guru akan materi dan pemahaman dalam memilih metode yang tepat untuk materi tersebut akan sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang saat ini dianggap tepat dalam pembelajaran aqidah akhlak adalah melalui pendekatan kontekstual. Yang menjadikan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning di MAN 1 Kota Mojokerto dan apa saja faktor yang mendukung keberhasilan penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran aqidah akhlak kelas XI MAN 1 Kota Mojokerto. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan Contextual Taching And Learning kelas XI MAN 1 Kota Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 1 Kota Mojokerto. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak Meliputi: Pertama, perencanaan. Perencanaan yang disusun oleh guru aqidah akhlak berupa penyusunan RPP sudah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan mengedepankan proses pembelajaran yang membuat siswa berpartisipasi aktif dan mandiri. Kedua, pelaksanaan. Pembelajaran aqidah akhlak sudah melaksanakan komponen-komponen CTL yang meliputi tujuh komponen. Ketiga,evaluasi. Guru aqidah akhlak menilai kemajuan siswanya dengan menggunakan komponen penilaian sebenarnya (authentic assessment). (2) Pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan CTL dapat dikatakan berhasil jika dalam pelaksanaannya guru menerapkan komponen-komponen CTL yang berlandaskan pada ketiga prinsip CTL, yaitu prinsip kesaling bergantungan, diferensiasi dan pengorganisasian diri. Sedangkan bagi siswa, keberhasilan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan CTL dapat dilihat dari keaktifan, kreatifitas dan kemandirian siswa untuk mencapai standar tinggi yang telah ditentukan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Contextual Teaching and Learning Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Pembelajaran aqidah akhlak; Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Laini Rahmita Yuliani Nisvul | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 08:59 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19403 |
Actions (login required)
View Item |