Hubungan antara pembelajaran aqidah akhlak dengan moral siswa di MTs Miftahul Ulum Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashiroh, Mashiroh (2017) Hubungan antara pembelajaran aqidah akhlak dengan moral siswa di MTs Miftahul Ulum Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (955kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah upaya untuk belajar. Kegiatan ini akan mengakibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara efektif dan efesien. Belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap, dan mengkokohkan kepribadian. Dalam konteks menjadi tahu atau proses memperoleh pengetahuan, menurut pemahaman sains konvensional, kontak manusia dengan alam diistilahkan dengan pengalaman (experience). Pengalaman yang terjadi berulang kali melahirkan pengetahuan, (knowledge), atau a body of knowledge. Defiisi ini merupakan definisi umum dalam pembelajaran sains secara konvensional, dan beranggapan bahwa pengetahuan sudah terserak di alam, tinggal bagaimana siswa atau pembelajar bereksplorasi, menggali dan menemukan kemudian memungutnya, untuk memperoleh pengetahuan..
Penulisan ini merupakan jenis analisis isi kuantitatif. Objek utama analisis ini adalah pembelajaran aqidah akhlak dengan moral siswa yang mana dideskripsikan dengan cara mengetahui gambaran-gambaran akhlak, moral dan menjelaskan teks-teks dalam pembelajaran aqidah akhlak yang mengandung nilai-nilai pendidikan dengan menguraikan dan menganalisis serta memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan. Dan metode yang digunakan adalah metode dokumentasi yang mana mencari data mengenai hal-hal berupa wawancara, angket, dokumentasi dan sebagainya.
Moral adalah identik dengan akhlak karena moral dengan akhlak hubunganya sangat erat sekali. Ahklak sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu: Akhlakul mahmudah/karimah (terpuji/mulia) atau dengan istilah lain disebut moral religius yang monotheis dan akhlakul madzmumah (tercela) atau disebut juga istilah moral sekuler. Contoh yang tergolong moral sekuler di antaranya, cara berpakaian yang tidak mememerhatikan norma-norma agama, pergaulan bebas antar pria dan wanita yang bukan mahram, dan sebagaianya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashiroh, MashirohMashiroh96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Pembelajaran aqidah akhlak; Moral siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mashiroh mashiroh
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:33
Last Modified: 11 Aug 2017 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item