Pengembangan Media Game Edukasi berbasis Android pada materi Bentuk Aljabar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Adinda Nur (2017) Pengembangan Media Game Edukasi berbasis Android pada materi Bentuk Aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis Android pada materi Bentuk Aljabar. 2) Mendeskripsikan kevalidan dari media pembelajaran game edukasi berbasis Android pada materi Bentuk Aljabar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran matematika. 3) Mendeskripsikan kepraktisan dari media pembelajaran game edukasi berbasis Android pada materi Bentuk Aljabar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran matematika dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran matematika yaitu guru Matematika SMP, sedangkan respon siswa diisi oleh siswa kelas VII SMP Kemala Bhayangkari 9 Sidoarjo setelah uji coba media. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran matematika memiliki 1) Tingkat kevalidan berdasarkan penilaian Ahli Materi, Ahli Media, dan Praktisi Pembelajaran Matematika diperoleh rata-rata 3,3 yang termasuk dalam kategori valid, 2) Tingkat kepraktisan terdiri atas dua penilaian, yaitu: berdasarkan penilaian Ahli Materi, Ahli Media, dan Praktisi Pembelajaran Matematika termasuk dalam kategori layak dan berdasarkan prosentase respon siswa VII SMP Kemala Bhayangkari 9 Sidoarjo sebesar 83,75%, yang termasuk dalam kategori sangat positif. Dengan demikian game edukasi “Petualangan Aljabar” berbasis Android yang dikembangkan ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Adinda Nuradindash.akira57@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Media pembelajaran; game edukasi; Android; Bentuk Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MAWADDAH ADINDA NUR
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:43
Last Modified: 14 Aug 2017 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item