Strategi peningkatan kepuasan konsumen pada pelayanan Rawat Inap di RS Gatoel Mojokerto dalam perspektif Manajemen Pelayanan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wandhansari, Rianis Aprrillia (2017) Strategi peningkatan kepuasan konsumen pada pelayanan Rawat Inap di RS Gatoel Mojokerto dalam perspektif Manajemen Pelayanan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rianis Aprilia Wandhansari_C04210197.pdf

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan bagaimana kepuasan pasien rawat inap dalam melihat pelayanan yang diberikan di RS Gatoel Mojokerto dan bagaimana strategi peningkatan kepuasan pasien rawat inap di RS Gatoel dalam perspektif manajemen pelayanan Islam. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara dengan para pegawai, dokumentasi. Data penelitian dihimpun melalui pembacaan dan kajian lapangan, selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa petugas rawat inap di RS Gatoel Mojokerto telah menerapkan manajemen pelayanan Islam.Adapun manajemen pelayanan Islam yang diterapkan pada pasien rawat inap diantaranya yaitu setiap kamar rawat inap terdapat speaker yang ketika adzan tiba suara itu terdengar jelas pada masing-masing kamar pasien rawat inap. Selain itu , setiap malam jum’at para petugas rawat inap selalu mengajak para pasien untuk membaca surat yasin setelah sholat maghrib.Manajemen pelayanan dalam Islam perlu untuk dikaitkan dengan penelitian ini sebagai pembeda dari manajemen pelayanan pada umumnya.Proses dari manajemen tersebut seperti perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik, pengarahan, pengawasan yang kontinu, kerjasama tim yang kompak, motivasi kepada pasien, dan evaluasi terhadap kinerja. Dalam meningkatkan kepuasan pasien, pihak RS Gatoel Mojokerto mengutamakan kualitas pelayanan. Islam mengajarkan kita bahwa jika ingin memberikan hasil usaha yang baik berupa barang atau jasa, maka harus dengan hasil yang berkualitas jangan memberikan sesuatu yang buruk kepada orang lain. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pihak RS Gatoel disarankan: Pertama,perlu dilakukan evaluasi setiap bulan terhadap kunjungan dan kepuasan pasien yang datang ke Rumah Sakit Gatoel, sehingga dapat mengukur tingkat kunjungan dan kepuasan pasien.Kedua, lebih mengoptimalkan bagian pemasaran RS. Gatoel untuk mengenalkan kepada masyarakat dan instansi mengenai keberadaan Rumah Sakit Gatoel, karena merupakan satu-satunya rumah sakit terlengkap baik sarana dan prasarana yang ada diwilayah Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wandhansari, Rianis Aprrillianiezt.bonbon@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kepuasan konsumen; pelayanan Rawat Inap
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aprillia W Rianis
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:56
Last Modified: 13 Mar 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19583

Actions (login required)

View Item View Item