Analisis manajemen dakwah pada program Bina Mandiri Wirausaha Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Sri Dewi (2017) Analisis manajemen dakwah pada program Bina Mandiri Wirausaha Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (509kB)

Abstract

Menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dapat dilakukan melalui penguatan sektor ekonomi umat. Sebagaimana yang dilakukan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu), dengan menjalankan program Bina Mandiri Wirausaha (BMW) dalam bentuk pemberian kredit tanpa bunga kepada para pengusaha kecil sebagai upaya untuk melawan praktik riba. Program tersebut mampu bertahan hingga 7 tahun lamanya dan bahkan semakin berkembang. Penelitian ini mengambil rumusan masalah: 1) bagaimana manajemen BMW Lazismu Surabaya? dan 2) bagaimana implikasi BMW Lazismu bagi dakwah komunitas Muhammadiyah di Surabaya? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif sehingga dapat menggambarkan urutan proses manajemen yang utuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen, khususnya pada wilayah manajemen dakwah. Pendekatan tersebut digunakan untuk mengkaji secara keseluruhan tentang proses manajemen dan implikasi manajemen pada Lazismu Kota Surabaya, khususnya program BMW. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara dan observasi kepada pihak manajemen program BMW dan pengusaha kecil yang mengikuti program BMW. Hasil penelitian menunjukkan dari proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendaliannya, manajemen BMW Lazismu Surabaya masih lemah. Implikasi adanya program BMW bagi dakwah komunitas Muhammadiyah Surabaya yaitu berkembangnya pengalaman Lazismu dalam mengelola lembaga keuangan berbasis kegiatan pinjaman usaha non-riba. Selain itu jejaring Lazismu Surabaya terhadap kelompok-kelompok masyarakat semakin meluas, baik melalui investor seperti Bank Niaga Syariah maupun terhadap komunitas pengusaha kecil muslim. Belum banyak bidang-bidang keorganisasian yang peneliti dapat dalami dengan sekedar menggunakan pendekatan ilmu manajemen secara umum. Bagi penelitian selanjutnya perlu kiranya menggunakan ilmu manajemen yang lebih spesifik, seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen stakeholder.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Sri Dewiemaildewi2013@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Amil Zakat
Keywords: Manajemen dakwah; Komunitas; LazizMu; Bina Mandiri Wirausaha; Muhammadiyah
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Wulandari Sri Dewi
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:07
Last Modified: 16 Aug 2017 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19623

Actions (login required)

View Item View Item