إعداد مواد تعليمية لتنمية المهارات اللغوية لطلبة الصفّ الأول المتوسّط: بحث تطويريّ بمدرسة التوحيد المتوسّطة الدينية بنكالان مادورا.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muarrafah, ainul (2017) إعداد مواد تعليمية لتنمية المهارات اللغوية لطلبة الصفّ الأول المتوسّط: بحث تطويريّ بمدرسة التوحيد المتوسّطة الدينية بنكالان مادورا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Muarrafah_F020615132.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniah Tsanawiyah “At tauhid” Bangkalan Madura masih menggunakan buku ajar yang tidak sesuai, adapun kitab yang digunakan hanya memacu pada ketrampilan berbicara saja tidak pada 4 ketrampilan bahasa seperti mendengar, berbicara, membaca, menulis dan didalam kitab tersebut tidak terdapat latihan soal yang dapat memicu kemampuan bahasa arab para santri disana.maka dari itu penulis ingin mendesain bahan ajar yang bagus dan sesuai kurikulum 2013 kementrian agama RI karena kurikulum dapat membantu untuk mentertibkan proses belajar mengajar pada sekolah khususnya dalam pembuatan materi ajar bagi penulis. Penulis menggunakan metode Research and Developmentdengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan Materi Ajar dalam pembelajaran bahasa arab adapun sampelnya adalah para santri kelas 1 tingkat Tsanawiyah yang berjumlah 15 santriwan/i. adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, tes, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini adalah: 1)Pengembangan bahan ajar yang terdesain memiliki beberapa proses tahap pembuatan agar memiliki karakter sebagai peningkatan kemampuan bahasa. 2)Adapun penerapannya dilihat dari proses pembuatan, langkah – langkah, dan ujicoba. 3)Adanya efektifitas dari materi ajar dibuktokan dengan adanya perubahan dari nilai pretest dan post test berdasarkan atas perbandingan t-hitung dan t-tabel yang menunjukkan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muarrafah, ainulmuarrafahainul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: BAhan Ajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MUARRAFAH AINUL
Date Deposited: 25 Aug 2017 08:50
Last Modified: 13 Mar 2019 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item View Item