Strategi belajar siswa berprestasi tinggi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anugroho, Willy (2011) Strategi belajar siswa berprestasi tinggi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (577kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Menjadi siswa yang herprestasi merupakan sebuah impian sekaligus menjadi hal yang membanggakan yang tidak hanya oleh siswa itu sendiri tetapi juga orang-orang yang berada disekitarnya. Untuk bisa meraih semua itu dibutuhkan yang namanya proses belajar. Peron peserta didik di dalam proses belajar mengajar ialah berusaha aktif untuk mengembangkan dirinya dibawah bimbingan guru. Kegiatan ini disebut kegiatan belajar. Guru hanya menciptakan situasi yang memaksimalkan kegiatan helajar peserta didik Kegiatan pendidikan mengalami kegagalan lea/au kegiatan belajar mengajar tidak menghasilkan kegiatan belajar. Oleh karena ilu, fungsi belajar pada peserta didik sangat menentukan keberhaYilan pendidikan. Guna mencapai dunia pendidikan itu sendiri, dalam hal ini tentunya diperlukan suatu cara/alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang dimaksud yaitu strategi belajar. Secara umum, untuk mengungkap pelaksanaan strategi belajar pada siswa berprestasi tinggi perlu dideskripsikan keempat strategi dalam belajar siswa tersebut secara komprehensif. Berdasarkan hal tersebut perlu dirumuskan pertanyaan penelitian yaitu: Bagaimanakah strategi belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi tinggi?. Maka sesuai dengan fokus penelitian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi tinggi. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek ditetapkan 2 orang yang memperoleh nilai tertinggi disekolah dan sudah terkoordinasi dengan guru sekolah. lnstrumen untuk mengumpulkan data adalah diri peneliti dan pedoman pengumpulan data. Lokasi dalam penelitian ini adalah di SMPN 3 Candi-Sidoarjo. Subyek penelitian digunakan sebagai sumber utama, selanjutnya guru, orang tua, dan teman sebagai sumher pendukung. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan perekaman. Prosedur analisis data meliputi menyajikan data, mereduksi data, memverifikasi data, dan menyimpulkan data. Sedangkan untuk menjaga kebenaran data dilakukan triangulasi. Berdasarkan penelitian ini maka ada 13 strategi belajar yang digunakan kedua subyek dalam penelitian ini, 13 strategi oleh subyek pertama dan 6 strategi oleh subyek kedua. Peneliti merekomendasikan agar penelitian ini dapat dikaji lebih lanjut untuk mengetahui lehihjauh mengenai penggunaan strategi belajar ditinjau dari aspek psikologis lainnya pada siswa untuk memperkaya pengetahuan, karena peneliti yakin setiap manusia memiliki keunikan tersendiri dalam menentukan strategi belajar yang baik khususnya pada siswa yang berprestasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anugroho, WillyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: strategi belajar; siswa berprestasi tinggi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:56
Last Modified: 30 Aug 2017 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19939

Actions (login required)

View Item View Item