Tafsir ayat hukum ekonomi dan bisnis Islam: buku perkuliahan Program S-1 Jurusan Hukum Ekonomi Islam Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musafa'ah, Suqiyah (2015) Tafsir ayat hukum ekonomi dan bisnis Islam: buku perkuliahan Program S-1 Jurusan Hukum Ekonomi Islam Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Press, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tafsir ayat hukum ekonomi dan bisnis Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku perkuliahan ini disusun oleh Tim Penulis Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Jurusan Hukum Ekonomi Islam Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel, memiliki fungsi sebagai salah satu sarana pembelajaran pada mata kuliah Tafsir Ayat Hukum Ekonomi dan Bisnis Islam. Secara rinci buku ini memuat beberapa paket penting yang meliputi; 1) Ayat-ayat yang membangun dasar hukum ekonomi dan bisnis; 2) Ayat-ayat yang membangun prinsip hukum ekonomi dan bisnis; 3) Ayat-ayat yang membangun etika ekonomi dan bisnis; 4); Ayat-ayat yang membangun konsep harta dan hukumnya dalam ekonomi dan bisnis 5); Ayat-ayat yang membangun hukum larangan riba dalam ekonomi dan bisnis 6) Ayat-ayat yang membangun hukum jual beli (hukum produksi dan hukum konsumsi), hukum jual beli valuta asing dan berinvestasi; 7) Ayat-ayat yang membangun hukum ijarah, ujrah, dan ju’alah; 8) Ayat-ayat yang membangun hukum hutang piutang, gadai, kepailitan, dan hiwalah; 9) Ayat-ayat yang membangun hukum wadi’ah; 10) Ayat-ayat yang membangun hukum ariyah; 11) Ayat-ayat yang membangun hukum wakalah dan kafalah; 12) Ayat-ayat yang membangun hukum shirkah dan mudarabah; 13) Ayat-ayat yang membangun hukum ihtikar dan monopoli; 14) Ayat-ayat yang membangun hukum hibah, shadaqah, dan zakat; 15) Ayat-ayat yang membangun konsep dasar Badan Arbitrase; Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Government of Indonesia (GoI) dan Islamic Development Bank (IDB) yang telah memberi support penyusunan buku ini, kepada Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag, Dr.H.Sahid HM,M.Ag, dan kepada semua pihak yang telah turut membantu dan berpartisipasi demi tersusunnya buku perkuliahan Tafsir Ayat Hukum Ekonomi dan Bisnis Islam ini. Kritik dan saran dari para pengguna dan pembaca kami tunggu guna penyempurnaan buku ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir; ayat al-Qur’an; hukum ekonomi; bisnis Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2017 08:15
Last Modified: 15 Jun 2020 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item View Item