Pengaruh kegiatan Baca Tulis al Quran metode At Tartil terhadap kemampuan membaca al Quran pada mata pelajaran al quran hadits siswa kelas VIII B MTs Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alamsyah, Moch. Labib Amin (2012) Pengaruh kegiatan Baca Tulis al Quran metode At Tartil terhadap kemampuan membaca al Quran pada mata pelajaran al quran hadits siswa kelas VIII B MTs Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20333

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuam untuk mengetahui (1) Bagaimana Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ Metode At Tartil di Madrasah Tsanawiah Badrussalam Surabaya? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam membaca Al Quran pada mata pelajaran Al Qur'an Hadits kelas VIII di Madrasah Stanawiah Badrussalam Surabaya? (3) Bagaimana pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ Metode At tartil terhadap kemampuan membaca Al Quran pada mata pelajaran Al Qur'an Hadits kelas VIII B di Madrasah Tsanawiah Badrussalam Surabaya. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian lapangan (field research), jenis kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif model sebab akibat, dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus statistik yaitu runms prosentase dan rumus product moment agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Pengaruh kegiatan ektrakurikuler BTQ Metode At Tartil pada mata pelajaran al quran hadits di MTs Badrussalam Surabaya dengan prosentase ideal adalah 4 dengan jumlah frekuensi 188 adalah 58,75 % jadi, tennasuk dalam kategori yang culmp baik karena nilai yang diperoleh dari basil perhitungan prosentase adalah 56% - 75%. Sementara kemampuan membaca al quran siswa MTs Badrussalam Surabaya dapat disimpulkan prosentasi ideal adalah nilai 4 dengan jumlah frekuensi 192 adalah 60%. Maka dapat dikatakan bahwa kemampuan membaca al quran siswa tergolong cukup baik juga. Adapun pengaruh kegiatan ektrakurikuler metode at tartil terhadap kemampuan membaca al quran pada siswa kelas VIII B MTs Badrussalam Surabaya dapat diketahui dengan rumus product moment diperoleh yakni 1,00, dengan df = 30 berarti taraf signifikan Io/o= 0,449 dan pada taraf signifikansi 5% = 0,349. Berarti to > tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Sebagai konsekuensinya maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ektrakurikuler metode at tartil efektif terhadap kemampuan membaca al quran pada siswa kelas VIII B MTs Badrussalam Surabaya. Dan dari nilai rxy yang diperoleh sebesar 1,0, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi. Nilai rxy = 1,0 yang berkisar antara 0,800 sampai dengan 1,00. dengan demikian dapat diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ektrakurikuler metode at tartil terhadap kemampuan membaca al quran pada siswa kelas VIII B MTs Badrussalam Surabaya adalah kategori sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alamsyah, Moch. Labib Amin--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Baca Tulis al Quran; metode At Tartil; kemampuan membaca al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:16
Last Modified: 08 Dec 2017 16:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20333

Actions (login required)

View Item View Item