Efektivitas penggunaan teknik evaluasi pembelajaran bidang studi AI Quran terhadap hasil belajar siswa Kelas VII di SMP Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Kurnia Dewi (2012) Efektivitas penggunaan teknik evaluasi pembelajaran bidang studi AI Quran terhadap hasil belajar siswa Kelas VII di SMP Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20382

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan sejauh mana keefektivitasan terhadap penggunaan teknik evaluasi yang diterapkan dilapangan dunia pendidikan. Alasan kedua yaitu, adalah hubungan teknik evaluasi yang efektif mempengaruhi hasil belajar siswa dengan perolehan yang maksimal pula. Penelitian ini dilakukan di SMP Khadijah Surabaya dengan jenis penelitian yang bercorak kuantitatif asosiatif. Metode yang diterapkan oleh peneliti dalam proses pengumpulan data diantaranya adalah metode interview (wawancara), kuesioner (angket), dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dipaparkan secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan proses statistik product moment. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dalam menjawab rumusan masalah diantaranya: 1) Bagaimanakah penggunaan teknik evaluasi pembelajaran bidang studi al-qur'an di SMP Khadijah Surabaya? 2) Bagaimanakah hasil penggunaan teknik evaluasi pembelajaran bidang studi al-qur'an yang diterapkan di SMP Khadijah Surabaya? 3) Bagaimanakah efektivitas evaluasi pembelajaran bidang studi al-qur'an dan hasil penggunaan teknik pembelajaran bidang studi al-qur'an di SMP Khadijah Surabaya? Yaitu : 1) Teknik evaluasi yang diterapkan pada pembelajaran bidang studi al­ qur'an di SMP Khadijah Surabaya termasuk cukup efektif, terbukti dengan perolehan prosentase yang tinggi yaitu 85%. Karena 85% terletak antara 76-100, maka 85% masuk kategori sangat baik. 2) Hasil Belajar siswa kelas VII di SMP Khadijah pada bidang studi al-qur'an tergolong baik sekali. Berdasarkan data diatas ada 94% (42,5%+ 42,5% + 9%) memperoleh diatas KKM. Jadi kesimpulannya 94% adalah hasil belajar siswa terhadap materi al-qur'an mampu dipahami oleb siswa dengat sangat baik. 3) Bahwasanya ada korelasi antara teknik evaluasi yang diterapkan di SMP Khadijah Surabaya terhadap hasil belajar siswa. Dengan hasil akhir korelasi product moment 0,545 maka angka tersebut, apabila dikonsultasikan dengan nilai interpretasi product moment terletak antara 0,40-0,599 yang berarti cukup tingkat keefektivitasnya yang digunakan oleb ibu guru mata pelajaran al-qur'an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Kurnia Dewi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Teknik evaluasi; hasil belajar akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:03
Last Modified: 08 Dec 2017 16:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20382

Actions (login required)

View Item View Item