Implementasi sekolah efektif dalam mewujudkan budaya islam nusantara: studi kasus di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrya, Ita (2017) Implementasi sekolah efektif dalam mewujudkan budaya islam nusantara: studi kasus di SMA Khadijah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Krisis moral yang saat ini tengah melanda bangsa Indonesia begitu meresahakan semua kalangan, mulai dari remaja hingga para orang tua, antara lain seperti tawuran, korupsi, aborsi, pembunuhan, penggunaan obat terlarang bahkan yang terjadi belakangan adalah isu SARA, penistaan agama dan masih banyak yang lain. Berangkat dari permaslahan tersebut, maka penulis mencoba untuk meneliti tentang 1). SMA Khadijah Surabaya dalam mengimplementasikan sekolah efektif 2. SMA Khadijah Surabaya dalam mengimplementassikan ajaran Islam nusantara, dan 3. implementasi sekolah efektif dalam mewujudkan budaya Islam nusantara di SMA Khadijah Surabaya. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian tunggal. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan analisis dokumen.Validitas data menggunakan trianggulasi data. Sedangkan data dianalisis dengan model interaktif yang terbagi dalam pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Khadijah Surabaya mengimplementasikan sekolah efektif dengan memaksimalkan seluruh komponen sekolah, diantaranya adalah peran kepala sekolah yang sangat kuat dalam menggalakkan kinerja tenaga pendidik, manajemen dan kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah berjalan dengan maksimal, kualitas guru yang capable, lingkungan belajar yang kondusif, pelibatan orang tua siswa secara maksimal, selain itu SMA Khadijah Surabaya juga telah mengimplementasikan budaya Islam nusantara dengan menerapkan berbagai kegiatan pembiasaan seperti budaya religiusitas, mulai dari Istighotsah, shalat berjama’ah, ziarah kubur, pembentukan karakter siswa melalui kegiatan bakti sosial, penerapan sikap jujur, menghormati orang lain. Implementasi Khadijah dalam mewujudkan budaya Islam nusantara adalah dengan memaksimalkan kinerja seluruh komponen sekolah mulai dari peran guru, wali kelas, serta dukungan orang tua (masyarakat), dengan demikian, akan mempermudah pembentukan karakter siswa dan memasukkan muatan agama, termasuk nilai-nilai, norma perilaku, keyakinan maupun budaya, yang berpengaruh terhadap kinerja individu dan organisasi (sekolah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrya, Itaitafitrya0709@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Keywords: Sekolah efektif; budaya Islam Nusantara; SMA Khadijah Surabaya
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitriya Ita
Date Deposited: 24 Oct 2017 07:20
Last Modified: 24 Oct 2017 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20672

Actions (login required)

View Item View Item