Aktivitas metakognitif dalam menyelesaikan masalah matematika yang dominan kecerdasan logis matematis dan verbal-linguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Tri Wahyuni (2017) Aktivitas metakognitif dalam menyelesaikan masalah matematika yang dominan kecerdasan logis matematis dan verbal-linguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Aktivitas Metakognitif adalah kegiatan yang dilakukan seseorang berkaitan dengan kesadaran dan pengaturan terhadap pengetahuannya tentang proses dan hasil berpikirnya dalam hal merencanakan, memantau dan mengevaluasi. Tingkat kemampuan metakognitif yang dimiliki individu yang satu dengan yang lainnya berbeda, hal ini bisa dilihat dari kecerdasan setiap siswa. Terdapat delapan jenis kecerdasan yang dirumuskan oleh Gardner. Namun yang akan dibahas dalam penelitian ini hanya siswa dengan kecerdasan logis matematis dan verbal-linguistik. Karena pada penelitian sebelumnya kecerdasan logis matematis dan verbal-linguistik berkontribusi secara positif signifikan terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika. Berdasarkan penelitian tersebut, kecerdasan logis matematis dan verbal-linguistik merupakan kecerdasan yang paling berpengaruh dalam penyelesaian masalah matematika. Siswa akan lebih mudah dan lebih teratur dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan aktivitas metakognitif, karena siswa akan lebih mengetahui mana yang sudah dipahami dan mana yang belum dipahami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa yang terdiri dari tiga siswa dengan kecerdasan logis matematis dan tiga siswa dengan kecerdasan verbal-linguistik yang diambil dari kelas VIII A SMPN 33 Surabaya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Data tersebut selanjutnya dianalisis sesuai indikator aktivitas metakognitif dengan karakteristik kecerdasan logis matematis dan kecerdasan verbal-linguistik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas metakognitif siswa yang dominan dalam kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu siswa melakukan aktivitas perencanaan, memantau dan mengevaluasi secara beruntun serta melakukan semua karakteristik kecerdasan logis matematis kecuali karakteristik penalaran induktif. Sedangkan aktivitas metakognitif siswa yang dominan dalam kecerdasan verbal-linguistik dalam menyelesaikan masalah matematika siswa lebih teliti dan runtun dalam menyelesaikan soal ketika aktivitas merencanakan, memantau dan mengevaluasi serta ketika menjelaskan bahasanya lebih jelas hal ini terlihat ketika wawancara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Tri Wahyuniyunieu88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Psikologi
Keywords: Aktivitas metokognitif; kecerdasan logis matematis; kecerdasan verbal linguistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahayu Tri Wahyuni
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:35
Last Modified: 01 Nov 2017 01:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20895

Actions (login required)

View Item View Item