Analisis hukum Islam terhadap produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di PT. BRI Syariah KCP Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qulub, Ahmad Sifaul (2012) Analisis hukum Islam terhadap produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di PT. BRI Syariah KCP Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Analisis hukum Islam terhadap produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di PT. Bank BRI Syarl'ah KCP Sidoarjo." adalah hasil penelitian lapangan di BRI Syarl'ah Kantor Cabang Pembantu Sidoarjo. Slcripsi ini bertujuan untuk menjelaskan dan menjawab pert anyan: Bagaimana aplikasi produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di PT. BRI Syari'ah KCP Sidoarjo, Bagaimana anaJisis hukum Islam terhadap produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di PT. BRI Syari'ah KCP Sidoarjo. Data penelitian dihimpun dari PT. BRI Syari'ah KCP Sidoarjo melalui wawancara dan dokumen, yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu menjelaskan atau menggambarkan data hasil penelitian tent ang produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) yang disertai dengan teori-teori serta dalil tentang penggunaan dua akad dalam satu transaksi dan aturan hukumnya, kemudian mengemukakan kenyataan yang bersifat spesifik dari hasil penelitian tentang penggunaan dua akad ( qar.d dan ijirah) dalam produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) yang kemudian dianalisis menggunakan teori­ teori tersebut, sehingga mendapat kan gambaran yang jelas mengenai hukum penggunaan dua akad alam satu transaksi pada produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di PT. BRI Syari'ah KCP Sidoarjo. Hasil penelitian mengemukakan bahwa produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di PT. BRI Syarl'ah KCP Sidoarjo, dalam menjalankan mekanisrne operasionalnya rnenggunakan dua akad yait u akad qarq dan ijirah. Dimana dalam kedua akad tersebut nasabah diharuskan rnernbayar uang rnuka dan obyek kornoditi (LM ernas) dijadikan sebagai jarninan. Kedua, terkait penggunaan istilah "margin' pada upah sewa tempat penyirnpanan LM KLM seharusnya rnenggunakan istilah qarct_ karena upah dari ijirah dalarn ekonorni Islam disebut qarcf. ketiga, bank BRI Syari'ah KCP Sidoarjo dalarn penet apan dua akad (qar,d dan ijirah) pada produk Kepernilikan Logarn Mulia (KLM) bukan rnerupakan $afqataini if $afqah waiJidah yang rnana akad pernbiayaan kepernilikan logarn rnulia rnerupakan akurnulasi dua akad yang tidak rnengandung unsur garar. Hal ini dikuat kan dengan dasar dalil kuat ( raji h), yait u had{s yang diriwayat kan oleh Sirnak rnengenai $afqataini if $afqah waiJidah. Serta selama masih dalam ketent uan wajar dan yang penting selama kedua belah pihak telah menyepakati perjanjian yang mereka buat pada awal transaksi (saling rela), maka hukum jual beli menjadi sah. Sejalan dengan kesimpuln di at as, disarankan bagi masyarakat yang rnenggunakan jasa perbankan Syari'ah sebagai sarana bermuamalah khususnya pada produk KLM agar mempromosi kan produk KLM sebagai rnetode investasi yang rnengunt ungkan dan berkah. Hai ini dikarenakan, dengan mernpropagandakan KLM berart i selain mendapat keunt ungan, juga berart i nasabah t urut mendakwahkan Islam scbagai agama yang syamll, kaffah, dan raflm,1tan lil 'alamln.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qulub, Ahmad SifaulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Gadai
Hukum Islam
Bisnis
Keywords: Hukum Islam; produk Kepemilikan Logam Mulia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:10
Last Modified: 07 Nov 2017 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21013

Actions (login required)

View Item View Item