Kisah Nabi Musa as dalam perspektif studi stilistika al­ Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozi, Moh. Fahrur (2010) Kisah Nabi Musa as dalam perspektif studi stilistika al­ Qur'an. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (717kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Al-Qur'an merupakan kitab sastra terbesar sepanjang sejarah dan mukjizat terbesar Rasulullah Muhammad saw. Salah satu bentuk i'jaz Al-Qur'an dimuatnya kisah-kisah umat terdahulu, seperti kisah Nabi Musa. Kisah tersebut dalam Al­ Qur'an dipaparkan dengan gaya yang sangat variatif dan diulang-ulang. Hal itu berhubungan dengan studi tentang kesustraan yaitu stilistika Al-Qur'an. Faktor ini yang mendorong penulis melak.ukan penelitian untuk mengetahui gaya pemaparan kisah Nabi Musa as dalam Al-Qur'an dalam perspektif studi stilistika Al-Qur'an. Disamping itu untuk mengetahui pengulangan kisah Nabi Musa as dalam Al-Qur'an. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa stilistika Al-Qur'an merupakan kajian bahasa yang menitik beratkan pada gaya bahasa Al-Qur'an. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian data deskriptif dan analitis. Sesuai dengan tujuan tersebut, data primer yang digunakan berasal dari Al-Qur'an dan tulisan yang membahas tentang stilistika Al-Qur'an. Sedangkan data sekunder berasal dari tulisan-tulisan yang relevan dengan penelitian ini. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa kisah Nabi Musa dalam Al­ Qur'an dituturkan dengan beberapa variasi, yaitu pendek, sedang, dan panjang. Kisah tersebut tertuang dalam beberapa fragmen yang tersebar dibeberapa surah Al-Qur'an, yaitu surah Al-Baqarah, surah Al-Mai.dab, surah Al-A'rfil, surah Vii.nus, surah 18hi, surah Al-Mu'miniin, surah Ash-Shu'ara', surah Az-Zukhruf, surah An­ Nazi'at. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Gaya bahasa Al-Qur'an yang digunakan dalam memaparkan kisah Nabi Musa menggunakan gaya naratif. Kisah Nabi Musa dalam Al-Qur'an ditampilkan sebanyak 189 ayat yang tersebar dalam I 0 surah. Hampir setiap surat dalam Al-Qur'an versi sendiri dalam pemaparannya. Meskipun demikian, repetisi atau pengulangan merupakan sesuatu yang tak terelakkan. Repetisi atau pengulangan kisah Nabi Musa dalam Al-Qur'an bukan pengulangan secara 100 persen. Ada hal-hal yang baru baik dalam aspeks konteksnya maupun dalam aspek struktur kalimatnya (penambahan, pengurangan, pendahuluan, pengakhiran) tanpa mengabaikan unsur-unsur keindahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozi, Moh. FahrurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kisah Nabi Musa as; Studi stilistika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2017 08:38
Last Modified: 10 Nov 2017 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item