Peran suami dan istri dalam keharmonisan rumah tangga dalam surat al Baqarah: 187

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Onik (2010) Peran suami dan istri dalam keharmonisan rumah tangga dalam surat al Baqarah: 187. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Menjaga keharmonisan rumah tangga tidaklah semudah membalik telapak tangan. Pertambahan usia serta banyaknya permasalahan yang saling berkelindan dalam perjalanan bahtera rumah tangga menjadi tantangan yang tidak dapat dianggap sepele. Peran suami-istri secara optimal dan proporsional sangat menentukan keharmonisan dalam sebuah rumah tangga. Al Qur'an sebagai pedoman memberikan gambaran relasi hubungan suami istri dan peran mereka untuk menciptakan keluarga yang harmonis dengan menggunakan ungkapan metamorfosis yang indah, Hunna Libasun Lakum Wa Antum Libasun Lahunna. Ayat ini tidak hanya mengisyaratkan bahwa suami-istri saling membutuhkan sebagaimana kebutuhan manusia pada pakaian, tetapi juga berarti bahwa suami istri harus dapat berfungsi "menutup kekurangan pasangannya". sebagaimana pakaian menutup aurat pemakainya. Penelitian ini mencoba menjawab persoalan tentang peran suami istri dalam menciptakan keluarga harmonis berpijak dari Al-Baqarah : 187 yang oleh sebagian besar ulama dianggap ayat hukum (Ayat al-Ahkam), sehingga perlu kiranya melihat sisi lain dari ayat ini yaitu tentang relasi suami istri. Kajian ini sebenamya bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, karena sebagian ulama telah memberikan sedikit uraian tentang hal ini melalui kajian kebahasaan, Untuk penelitian tersebut, maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana penafsiran kalimat "Hunna Libasun Lakum wa Antum Libasun Lahunna" dalam surat al-Baqarah :187 ? Bagaimana Peran Suami-istri dalam Kehannonisan Rumah Tangga berpijak dari surat Al-Baqarah : 187 ? Adapun untuk membahas permasalahan di atas, diperlukan data primer yang diperoleh dari buku-buku yang secara khusus membahas tentang inti atau pokok masalah, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buklu yang digunakan sebagai pendukung permasalahan pokok yang dibahas dan untuk menganalisis data tersebut menggunakan metode tahlily. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa -meskipun- grand idea ayat ini menjelaskan tentang hukum puasa, tetapi jika kita melihat lebih jauh lagi akan terlihat bahwa ayat ini sebenarnya tidak hanya menjelaskan tentang hukum, tetapi juga menjelaskan tentang relasi suami istri yang baik guna mencapai sebuah keluarga yang harmonis, berupa saling gotong royong, sebagai penghias pasangan, memberi keteladanan terhadap pasangan, dan kesetiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, OnikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: Peran; Suami istri; Harmonis; Al-Baqarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2017 04:59
Last Modified: 14 Nov 2017 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item View Item