التشبيه و‏غراضه في شعر أبي القاسم الشابي في باب من حديث الشيوخ و الطفولة و بين الأمس واليوم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harianto, Budi (2012) التشبيه و‏غراضه في شعر أبي القاسم الشابي في باب من حديث الشيوخ و الطفولة و بين الأمس واليوم. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Abu Qosyim Asy-Syabi adalah seorang sastrawan kelahiran Syabiyah Profinsi Tauzan, dia lahir pada 24 Februari 1909.Ayahnya bernama Muhamad bin Balqasim al-Syabi.Dia belajar pertama kali di pondok pesantren di daeahnya ,setelah itu Ayahnya mengajarinya sendiri seaina tahun sambil sekolah dasr Agama,setelah itu pidali ke sekolali zaifiiiia,pada fiilillii 1928 masiik pergtifu8ii tiiiggi litiktim. Tlliiisi.Dan dia sangat menyukai sastra sampai dia menghasilkan banyak karya Sastra,seperti Diwan Asy-Syabi.Pada umur 25 tahun dia meninggal dunia pada 9 Oktober 1934 di rumah Saidt Itaila Tunfsia Jasadnya dimakamkan di daerah kelahirannya, Shabiyah. Skripsi ini berjudul 0 At-Taybib dan Tujuanya di dalam Syrir Abu Qosyim Asy-Syabi pada Bab Cerlta Orang-Orang Tua, Masa K.aiiak-Kanak, dan Antata Kemarin dan Harl lni", sedangkan masalah yang diteliti dalam skripsi ini berkisar tentang Siapa yang dimaksud dengan Abu Qosyim Asy-Syabi dan bagaimana Tasybih dan tujuanya pada Sy;ir Abu Qosyim Asyabi pada bah Cerita Orang-Orang Tua, Masa Kanak-Kanak, clan Antara Kemarin dan Harl lni"tersebut. Berkenaan dengan itu, dalam pembahasan ini penulis menggunakan tiga judul puisi karya Asy- Syabi "Cerita Orang-Orang Tua, Masa Kanak-Kanak, dan Antara Kemarin dan Harl Ini"sebagai objek pembahasan dan kajian Balaghoh sebagai alat analisa serta lebih disepsifiksikan pada tasybih dalam ketiga tema puisi tersebut.Penulis memilih Balaghoh sebagai alat analisa karena dengan balaghoh puisi menjadi indah apalagi yang dianalisa tasybih. Selain itu penulis menggunakan beberapa metode yang meliputi pengambilan data secara langsung dan tidak langsung, kemudian penulis mengambil kesimpulan serta mengungkapkan data dalam bentuk Metode Langsung dan Metode tidak langsung. Akhirnya penulis menyimpulkan baliwa pada judtil puisi tetsebut tetdapat delapan jenis Tasybih yaitu, Tazybih Mursal, Muakad,Mujmal Mufashol,Baligh,Ghoiru Tamsyil, Maqlub dan Ghoiru Maqlub.Dan menemukan empat tujuan Tasybih pada syi;ir tersebut yaltu, Bayan halah {Menjelaskan keadaan musyabah),Bayan muqdar halah(menjelaskan ukuran keadaan musyabah), taqrir halah (menguatkan keadaan musyabah),dan Tazinu musyabah (memperindah musyabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harianto, BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Cerita dalam Al Qur'an
Keywords: Bahasa Arab; at-taybih; syiír Abu Qosyim Asy Syabi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2017 07:36
Last Modified: 14 Nov 2017 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21322

Actions (login required)

View Item View Item