فعالية تطبيق تعليقات عمود المدونة لترقية مهارة الكتابة في الفصل الحادي عشر بمدرسة هاشم أشعاري الثانوية سيدوارجوا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Mufti, Much. Taufiqillah (2017) فعالية تطبيق تعليقات عمود المدونة لترقية مهارة الكتابة في الفصل الحادي عشر بمدرسة هاشم أشعاري الثانوية سيدوارجوا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Much. Taufiqillah Al Mufti_D02211001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan realita yang terjadi, peneliti ingin menggunakan media yang lazimnya digunakan dalam pembelajaran bahasa dan menulis yaitu kolom komentar blog untuk meningkatkan keterampilan menulis. Rumusan masalah yang digunakan peneliti adalah sejauh mana efektifitas penggunaan dalam meningkatkan keterampilan menulis di kelas XI Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo, secara terperinci rumusan ini terbagi menjadi tiga; 1) Bagaimana penerapan penggunaan Kolom Komentar Blog dalam meningkatkan kemampuan menulis di Kelas XI Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo?; 2) Bagaimana kemampuan murid pada keterampilan menulis di Kelas XI Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo?; 3) bagaimana efektifitas penggunaan Kolom Komentar Blog dalam meningkatkan keterampilan menulis di Kelas XI Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan variable bebas penggunaan Kolom Komentar Blog dan Variabel terikat keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan metode satu kelompok dengan populasi seluruh siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo tahun ajaran 2017-2018. Sampel yang diguanakan serupa karena jumlah seluruh siswa kelas XI kurang dari 100. Instrumen pengumpulan data terdiri dari Observasi, Wawancara, dan Tes. Ringkasan Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo sifatnya sebagai pelajaran tambahan, meskipun demikian, hal ini diwajibkan bagi siswa guna memenuhi Standard Kompetensi Lulusan. 2) penerapan media Kolom Komentar Blog untuk meningkatkan keterampilan menulis sesuai dengan kondisi siswa di Madrasah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo hal ini mereka tunjukkan secara antusias mengikuti pembelajaran. 3) penggunaan Kolom Komentar Blog di Madrasah Hasyim Asy’ariy Sidoarjo dapat dikatakan efektif, hal ini dtunjukkan dengan meningkatnya nilai siswa setelah penggunaan Kolom Komentar Blog, selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai T Hitung (1,69092) lebih kecil dari nilai T Tabel (2,44115) hal ini menunjukkan ditolaknya Ho dengan nilai signifikansi persentase 1% yang lebih kecil dari 5%. hal ini menunjukkan hipotesis bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan Kolom Komentar Blog adalah efektif diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Mufti, Much. Taufiqillahsinga.pesisir@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Kolom Komentar Blog; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Al Mufti Much. Taufiqillah
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:01
Last Modified: 14 Mar 2019 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21403

Actions (login required)

View Item View Item