The use of video recording as Self-Reflection in teaching skill at Microteaching Class of English teacher education department in Sunan Ampel State Islamic University Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yatun, Yatun (2017) The use of video recording as Self-Reflection in teaching skill at Microteaching Class of English teacher education department in Sunan Ampel State Islamic University Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Refleksi diri menggunakan rekaman video adalah salah satu cara mahasiswa menilai kemampuannya dalam mengajar yang mengarah pada peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang proses melakukan refleksi diri, ketrampilan mengajar mahasiswa dan sejauh mana refleksi diri menggunakan rekaman video mempengaruhi ketrampilan mengajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan natural. Peneliti menggunakan wawancara dan observasi tidak langsung untuk mengumpulkan data. Ada 7 mahasiswa yang di analisa melalui wawancara dan observasi tidak langsung melalui rekaman video. Berdasarkan hasil temuan dan diskusi, ada 4 step dalam melakukan refleksi diri yaitu: menentukan aspek mengajar yang ingin ditingkatkan (yang di aplikasikan oleh 7 mahasiswa), membagi atau mempersempit aspek mengajar yang sudah ditentukan (diaplikasikan oleh 5 mahasiwa), mencari solusi (yang di aplikasikan oleh 7 mahasiswa) dan membuat kerangka waktu untuk mencapai tujuan (yang diaplikasikan oleh 5 mahaiswa). Kemampuan mahasiswa dalam mengajar rata-rata sudah mencapai ekspektasi dengan rincian 59% mencapai ekspektasi, 34% mencapai tahap berkembang dan 7% dibawah ekspektasi. Hasil peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengajar sebagai efek dari refleksi diri melalui rekaman video ditunjukan bahwa 17 sub-ketrampilan dalam mengajar dari total 20 mengalami peningkatan oleh beberapa mahasiswa. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup memahami tentang step-step dalam melakukan refleksi diri. Pencapaian mahasiswa dalam ketrampilan mengajar rata-rata sudah memenuhi ekspektasi. Selain itu, penggunaan rekaman video untuk refleksi diri telah memberikan dampak yang positif bagi kemampuan mahasiswa dalam mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yatun, Yatunyatun91@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Self-reflection; teaching skill; video recording; microteaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yatun Yatun
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:23
Last Modified: 16 Nov 2017 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21410

Actions (login required)

View Item View Item