Profil kemampuan penalaran matematis dan keterampilan sosial siswa dalam Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) ditinjau dari kemampuan matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Fidyah Ayu (2017) Profil kemampuan penalaran matematis dan keterampilan sosial siswa dalam Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis dan melatih keterampilan sosial siswa adalah menggunakan pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dan keterampilan sosial siswa berdasarkan kemampuan matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Negeri 1 Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 siswa, 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Soal Tes Kemampuan Penalaran Siswa, Lembar Observasi, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Miles dan Huberman yang tahap-tahapnya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Konsep Miles dan Huberman ini digunakan untuk menganalisis hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa, keterampilan sosial siswa, dan hasil wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan penalaran matematis yang sedang; (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah; (3) siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki keterampilan sosial, yaitu: keterampilan bertanya yang baik, keterampilan menjawab pertanyaan yang cukup, kemampuan menyatakan pendapat atau ide yang baik, kemampuan menghargai pendapat orang lain yang baik, dan kemampuan bekerjasama dalam kelompok yang baik; (4) siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki keterampilan sosial, yaitu: keterampilan bertanya yang kurang, keterampilan menjawab pertanyaan yang cukup, kemampuan menyatakan pendapat atau ide yang baik, kemampuan menghargai pendapat orang lain yang baik, dan kemampuan bekerjasama dalam kelompok yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Fidyah AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Connected Mathematics Project (CMP); Penalaran Matematis; Keterampilan Sosial Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Safitri Fidyah Ayu
Date Deposited: 17 Nov 2017 08:17
Last Modified: 17 Nov 2017 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21428

Actions (login required)

View Item View Item