Pengaruh metode pembelajaran Kooperatif Learning model Stad terhadap ketuntasan belajar siswa di Kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. NU Berbek Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamzah, Achmad Furqoni (2012) Pengaruh metode pembelajaran Kooperatif Learning model Stad terhadap ketuntasan belajar siswa di Kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. NU Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21447

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah tentang efektifitas kooperatif learning terhadap ketuntasan belajar, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sejarah kebudayaan Islam kelas VIII B di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo.2) Bagaimana ketuntasan belajar siswa kelas VIII B pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo.3)Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap ketuntasan belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan menggunakan data berupa angka. Analisis yang digunakan adalah: (1) analisis tentang strategi pembelajaran every one is a teacher here berbantuan media flash card dan ketuntasan belajar siswa; (2) analisis statistik dengan menggunakan rumus product moment. Adapun metode pengumpulan datanya adalah; metode observasi, metode wawancara, angket dan metode dokumentasi. Berdasarkan masalah tersebut di atas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sejarah kebudayaan Islam kelas VIII B di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo adalah baik; (2) Ketuntasan belajar siswa VIII B pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo adalah 93% tergolong baik karena sudah mencapai taraf ketuntasan secara klasikal; (3) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap ketuntasan belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo berdasarkan analisis diperoleh "rxy" hasil perhitungan =0,603 sedangkan "r" pada tabel koefisien korelasi product moment taraf signifikan 5% adalah diperoleh rtabel = 0,374, sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabe1 = 0,478 Jadi "rxy" perhitungan lebih besar dari nilai "r" pada tabel, maka hipotesis kerja diterima. Adapun pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap ketuntasan belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo adalah tergolong cukup, hal ini berdasarkan pada "r" perhitungan yaitu 0,603 yang berada pada rentangan 0,40-0,70 yang mana interpretasinya adalah sedang atau cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamzah, Achmad Furqoni--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Kooperatif learning; ketuntasan belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2017 05:14
Last Modified: 01 Nov 2018 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21447

Actions (login required)

View Item View Item