Studi komparasi pendidikan pembebasan Paulo Freire dan pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Hartatik Rahayu (2012) Studi komparasi pendidikan pembebasan Paulo Freire dan pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21459

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk menempatkan manusia sebagai pusat tujuan dari segala proses pendidikan. Pendidikan berusaha menggali dan meningkatkan segala potensi yang dimiliki manusia sehingga ia dapat memfungsikan secara optimal kedudukannya sebagai khalifah di bumi. Pendidikan sebagai praktik pembebasan yang dicetuskan oleh Paulo Freire memberikan asumsi bahwa pendidikan dapat digunakan sebagai alat pembebasan yang meletakkan pembebasan manusia pada fitrah kemanusiaannya. Paulo Freire menyatakan pendidikan pembebasan dengan suatu pembebasan yang bermuara pada dikotomi peran antara guru dan peserta didik yang dikonsepsikannya dengan istilah banking of education. Menurut Freire, model pendidikan seperti itu menjadikan peserta didik berada dalam posisi tertindas oleh hegemoni guru yang seakan merasa dirinya paling berhak dalam mengamati dan menilai realitas kehidupan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adala dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis kritis yaitu metode yang dikembangkan oleh Jujun Suriasumantri. Pendekatan ini digunakakn oleh penulis karena jenis penelitian ini adalah kualitatif dan tidak menguji hipotesis. Dalam arti penulis hanya menggambarkan dan menganalisis data yang diperoleh, disusun dan dieksplorasi kemudian dianalisa dengan menggunakan metode kritis tentang pendidikan pembebasan Paulo Freire dengan konsep pembebasan dalam pendidikan Islam. Dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pembebasan yang dilontarkan oleh Paulo Freire tidak memiliki kesamaan dengan misi pembebasan dalam Islam, dimana pembebasan yang dilontarkan oleh Freire bermula ketika ia merasa adanya ketidakadilan lembaga keagamaan seperti Gereja yang dimonopoli untuk kepentingan para penindas dan pemimpin Brazil, sedang dalam Islam pembebasan bermula ketika Islam turun dengan membawa misi untuk perbaikan akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Hartatik Rahayu--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Keywords: Pendidikan pembebasan; Paulo Freire; pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2017 06:43
Last Modified: 01 Nov 2018 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21459

Actions (login required)

View Item View Item