Efektivitas Paket Aplikasi Sekolah (PAS) terhadap layanan pendidikan di SMAN 1 Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Khoirul (2012) Efektivitas Paket Aplikasi Sekolah (PAS) terhadap layanan pendidikan di SMAN 1 Manyar Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Huda_D33207002.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21490

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia yang sedang meningkatkan mutu pendidikan. Indikator meningkatnya mutu pendidikan tidak hanya dilihat dari output hasil belajar siswa, tetapi juga meningkatnya mutu layanan sekolah kepada seluruh stakeholdemya. Salah satu upaya meningkatnya mutu layanan pendidikan Direktorat Pembinaan SMA mengembangkan program Paket Aplikasi Sekolah (PAS) yang telah dikembangkan sejak tahun 2002. Dengan program PAS akan meningkatkan kineija fimgsi administrasi sekolah khususnya dalam kegiatan pendataan, pelaporan dan memudahkan sekolah dalam memberikan layanan data / informasi serta mempercepat proses komunikasi dan transformasi data yang diperlukan oleh seluruh stakeholder. Program PAS juga sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pengembangan Rintisan SMA Bertaraf Intemasional (SMABI) dan Sekolah Kategori Mandiri yang mewajibkan sekolah- sekolah tersebut melaksanakan PAS dimasing-masing sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan model korelasional. Dalam penelitian ini populasinya beijumlah 706 siswa (kelas X dan XI SMAN 1 Manyar), yang kemudian diambil sampel sebesar 10 %. Jadi sampel yang penulis ambil adalah 70 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel, yang pertama yaitu variabel bebas “Paket Aplikasi Sekolah (PAS)” dan yang kedua adalah variabel terikat “Layanan Pendidikan,” sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan analisis korelasi, yaitu pearson correlation product moment untuk mengetahui sejauh mana efektivitas Paket Aplikasi Sekolah (PAS) terhadap layanan pendidikan di SMAN 1 Manyar-Gresik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Paket Aplikasi Sekolah (PAS) adalah tergolong baik, dengan instrument angket yaitu 88% dan untuk Layanan Pendidikan, juga tergolong baik dengan nilai 86%. Kemudian untuk analisa tentang Efektivitas Paket Aplikasi Sekolah (PAS) Terhadap Layanan Pendidikan di SMAN 1 Manyar- Gresik adalah diperoleh hasil penghitungan 0,559. Adapun 0,559 adalah terletak di antara 0,40 - 0,60 sehingga dapat dinyatakan bahwa korelasi antara variabel x dan variabel y terdapat korelasi yang sedang atau cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Khoirul--UNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Paket Aplikasi Sekolah; PAS; layanan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:50
Last Modified: 01 Nov 2018 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item View Item