فعالية تطبيق كتاب دروس اللغة العربية بالطريقة المباشرة للفصل الأول كلية المعلمين والمعلمات بمعهد السلام الإسلامية بانجيلا طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Siti Etik Mariana (2012) فعالية تطبيق كتاب دروس اللغة العربية بالطريقة المباشرة للفصل الأول كلية المعلمين والمعلمات بمعهد السلام الإسلامية بانجيلا طوبان. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Etik Mariana Ulfah_D02208024.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21527

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yakni tentang: Bagaimanakan isi Kitab Durusul Lughoh (juz yang digunakan di MTS Assalam, metode yang digunakan serta Bagaimana efektifitas pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Durusul Lughoh AI ‘arabiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantrent Assalam pada kelas 1 MTS dengan Mtode Langsung. Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui isi kitab Durusul lughoh al’ arobiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban pada kelas 1 MTS, Untuk mengetahui mengetahui penerapan metode langsung yang dipadukan dengan kitab durusul lughoh, serta Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Durusul Lughoh aV arobiyyah di Pondok pesantren KMI Assalam. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Selanjutnya untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi, dan instrumen berupa tes. kemudian untuk menjawab permasalahan pertama, kedua dan ketiga penulis menggunakan teknik propulsive sampling. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa: Dalam Kitab Durusul Lughoh al- Arabiyyah, tentang prestasi siswa pada kemampuan istima, qiro’ah, kalam, dan kitabah, Adapun yang melatarbelakangi penggunaan kitab Durusul lughoh al’ arobiyyah di Pondok Pesantren Assalam Bangilan - Tuban dikarenakan kitab ini mudah dipelajari oleh para santri pemula yang baru mengenal tentang bahasa Arab lebih lebih pada kelas 1 MTS, menggunakan Bahasa sehari hari dan mudah yang mana pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan kitab ini bertahap mulai dari bab ke bab dan masing masing mempunyai keterkaitan sehingga mudah difahami oleh siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Siti Etik Mariana--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Kitab Durusul Lughoh; metode mubasyaroh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2017 07:55
Last Modified: 01 Nov 2018 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item View Item