Pengaruh program sertifikasi guru terhadap hasil belajar PAI di SMPN I Soko Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afiya, Umi Nur (2012) Pengaruh program sertifikasi guru terhadap hasil belajar PAI di SMPN I Soko Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Nur Afiya_D01208082.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21580

Abstract

Bagaimana bagusnya suatu program pengajaran dan pendidikan yang dilaksanakan tanpa di sertai dan di tunjang oleh kualitas mengajar guru yang memadai, serta tanpa adanya seorang guru yang profesional, sulit kiranya program tersebut akan terlaksana dan berhasil dengan baik, sebab tidak semua guru mempuanyai kemampuan dan keterampilan mengajar yang baik secara terus menerus dapat melaksanakan tugas profesinya dengan baik pula. Mereka pastinya membutuhkan bantuan dan bimbingan dari sertifikasi terkait dalam proses belajar mengajar. Hal inilah yang menjadi latar belakang penulis dalam pembuatan judul sekripsi diatas. Sertifikasi mengandung arti suatu proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persaratan tertentu, yaitu memiliki kualifikasi akademik kompetensi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yang di barengi peningkatan kesejahteraan yang layak. Jadi sebaik apapun sistem yang dipakai tanpa di tunjang dengan adanya kualitas guru yang memadahi sulit kiranya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan akan terwujud. Tujuan pembahasan sekripsi ini adalah untuk mengetahui dan mejelaskan permasalahn yang telah di rumuskan yaitu: Bagaimana kualitas guru PAI yang telah tersertifikasi di SMP Negeri I Soko Tuban? Bagaimana hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri I Soko Tuban? Adakah pengaruh program sertifikasi guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Soko Tuban? Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interviw dan dokumentasi. Sedangkan menganalisa data yang diperoleh penulis menggunakan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa yang signifikan antara sebalum guru tersertifikasi dan sesudah tersertifikasi, oleh karena itu adanya perbedaan hasil belajar tersebut maka diartikan bahwa ada pengaruh program sertifikasi terhadap peningkatan hasil belajar di SMP Negeri 1 Soko Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afiya, Umi Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Program sertifikasi; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2017 03:24
Last Modified: 01 Nov 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item