PERAN KEPRIBADIAAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS XI DI MA ALHIDAYAH TUBAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tanjiriyah, Siti Faiqotut (2015) PERAN KEPRIBADIAAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS XI DI MA ALHIDAYAH TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran kepribadian guru dan rendahnya minat siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam yang dikenal sebagai materi menghafal dan menjenuhkan. Dimana guru yang mempunyai kepribadian baik terkadang disepelekan namun disisi lain kepribadian guru mempunyai peran yang sangat besar dalam proses pembelajaran yakni teladan maupun motivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi dan menciptakan suasana kelas yang kondusif.
Penelitian ini memfokuskan kajian pada tiga rumusan masalah, yaitu: (1). Bagaimana kepribadiaan Guru dalam meningkatkan motivasi pembelajaran mapel sejarah Kebudayaan Islam? (2). Bagaimana motivasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA al hidayah Tuban? (3). Bagaimana Peran Kepribadiaan Guru dalam meningkatkan motivasi pembelajaran pada mapel sejarah kebudayan Islam siswa kelas XI di MA alhidayah Tuban? Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, dokumentasi, angket serta library research. Selanjutnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau
mendeskripsikan data yang ditemukan di lapangan sedemikian rupa, sehingga menggambarkan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Peran kepribadian Guru dalam meningkatkan motivasi pembelajaran pada mapel SKI siswa kelas XI di MA Al hidayah mempunyai peran yang cukup baik terbukti Mereka termotivasi untuk belajar dan mempersiapkan materi pada setiap pertemuan. Dan mereka juga termotivasi untuk aktif belajar baik di dalam maupun di luar kelas . karena contoh
dari pribadi yang dimiliki gurunya dan dorongan dari gurunya yang sabar, pengertian,selalu memotivasi siswa agar semangat belajar,dan menciptakan suasana aktif dan kreatif dikelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dr.H. Syamsuddin,M.Ag.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tanjiriyah, Siti FaiqotutUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Peran Guru
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Keywords: Guru; Siswa; Pembelajaran; Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2015 07:03
Last Modified: 10 Aug 2015 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item