Upaya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi gaya di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shouma, Lailatus (2012) Upaya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi gaya di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatus Shouma_D07208034.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan masih belum bisa mencapai hasil belajar yang maksimal sehingga nilai hasil belajamya masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya metode dan variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakannya metode Demonstrasi melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan; (2) Bagaimana implementasi metode demonstrasi di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan; (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan mengunakan metode demonstrasi di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan ; (2) Mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan ; (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode demonstrasi di MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Hasil belajar IPA: metode observasi, wawancara ; (2) Implementasi metode demonstrasi: observasi, tes, dokumentasi; (3) Hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi: wawancara, tes, observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI NU Miftahul Ulum Kecicang Pasuruan. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas kurang baik dengan angka 46,12 dan prosentase kelulusannya mencapai 19,35%, kurangnya prosentase ini kurang memuaskan maka dari itu butuh merivew ulang, agar memperoleh data yang maksimal, kita ketahui standar prestasi belajar seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah mencapai 85%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 91,29 atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase prestasi belajar mencapai 96,77% dan angka tersebut termasuk kategori sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shouma, LailatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar IPA; Metode Demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2018 02:05
Last Modified: 05 Jan 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21834

Actions (login required)

View Item View Item