Efektifitas layanan informasi bimbingan dan konseling terhadap minat dan bakat siswa di SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryaningsih, Ika Lilis (2009) Efektifitas layanan informasi bimbingan dan konseling terhadap minat dan bakat siswa di SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ika Lilis Suryaningsih_D03304069.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitan yang dilakukan dalam mengkaji Efektifitas Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Terhadap Minat dan Bakat Siswa di SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana layanan informasi Bimbingan dan Konseling di SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo, bagaimana mMat dan bakat siswa di SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo dan bagaimana Efektifitas Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Terhadap Minat dan Bakat Siswa di SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo? F'enelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, mean dan rumus uji-t (t-test) agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi Bimbingan dan Konseling SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo dalam prosesnya menunjukkan dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan persentase menunjukkan antara 76%-100%. Dan minat clan bakat siswa di SMA Islam Parlaungan Berbek Sidoarjo setelah adanya layanan informasi Bimbingan dan Konseling mengalami peningkatan dalam pencapaian minat dan bakat siswa yang cukup. Hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan persentase pada per-item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 76%-100% dengan kriteria baik. Mengenai rata-rata minat dan bakat siswa pada semester I tahun ajaran 2007-2008 Sebelum layanan informasi Bimbingan dan Konseling menunjukkan mean yang cukup baik sebesar 75. Dan pada rata-rata minat dan bakat siswa pada semester II tahun ajaran 2007-2008 Setelah layanan informasi Bimbingan dan Konseling menunjukkan peningkatan mean yang baik sebesar 76. Sedangkan dalam efektifitas layanan informasi Bimbingan dan Konseling di SMA Islam Parlaungan Berbek Woad() mempunyai elektifitas (Usaha menunjukkan taraf suatu tujuan) yang positif terhadap peningkatan minat dan bakat siswa dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan dan i hasil penghitungan uji-t yang diperoleh adalah 2,5 dan pada hasil to signifikasi dalam tabel kr!!ik t di dapat harga kritik 1,980 untuk taraf kepercayaan 95% dan 2,617 untuk ta af kepercayaan 99% Dengan mengkonsultasikan pada harga kritik, temyata t hasil penghitungan jauh lebih besar dan i pada harga kritiknya, sehingga hipotesis nihil yang diajukan ditolak baik untuk taraf kepercayaan 95% maupun pada taraf kepercayaan 99%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryaningsih, Ika LilisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Layanan
Pendidikan > Anak
Informasi
Keywords: Layanan informasi; bimbingan dan konseling; minat dan bakat; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:05
Last Modified: 15 Jan 2018 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21940

Actions (login required)

View Item View Item