Mekanisme produksi usaha makanan tradisional dalam meningkatkan perekonomian pengusaha dumbek Desa Kesamben Plumpang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Munasifatur (2017) Mekanisme produksi usaha makanan tradisional dalam meningkatkan perekonomian pengusaha dumbek Desa Kesamben Plumpang Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munasifatur Rohmah_C94213185.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Mekanisme Produksi Usaha Makanan Tradisional Dalam Meningkatkan Perekonomian Pengusaha Dumbek Desa Kesamben Plumpang Tuban”. Skripsi ini ditulis berdasarkan latar belakang tentang banyaknya pengusaha makanan tradisional berupa kue dumbek yang berada di Desa Kesamben. Usaha makanan tradisional mempunyai peran dalam meningkatkan perekonomian. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana mekanisme produksi usaha makanan tradisional dan bagaimana implikasinya terhadap peningkatan ekonomi pengusaha dumbek di desa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Kesamben, sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan literatur lainnya. Sedangkan metode yang digunakan untuk analisa data yaitu metode deskriptif kualitatif. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha dumbek yang berada di desa Kesamben dan yang menjadi objek adalah mekanisme produksi makanan tradisional dan implikasinya dalam meningkatkan perekonomian pengusaha dumbek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha yang berjumlah 6 pengusaha, karena jumlah populasi masih terjangkau oleh peneliti, maka semua populasi dijadikan sempel dengan menggunakan teknik total sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa usaha makanan tradisional berupa kue dumbek merupakan usaha yang menjanjikan, tapi bukan sesuatu yang mudah dilaksanakan, karena memerlukan berbagai persiapan matang terutama dalam bidang produksi. Mekanisme produksi secara umum melalui proses produksi yang terdiri input, pengelolaan dan output. Input terdiri dari faktor-faktor produksi yaitu: bahan baku, modal, tenaga kerja, teknologi dan manjemen. Pengelolaannya berupa persiapan membuat adonan dan memasak sampai matang, dan outputnya berupa makanan jadi yaitu kue dumbek, dan akhirnyan kue tersebut siap di pasarkan. Kemudian, usaha makanan tradisional di desa Kesamben ini memiliki dampak positif diantaranya menyerap tenaga kerja, menambah pendapatan keluarga, dan menciptakan kemaslahatan. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan kepada para pengusaha dumbek agar semakin banyak kreatifitas dalam mengembangkan usaha, dan tetap mempertahankan cita rasa, jaringan konsumen, jaminan kesahatan dan kehalalan serta kemasan yang unik agar dumbek tetap eksis di dunia kuliner.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Munasifaturmunasifatur23@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Bisnis
Keywords: Mekanisme produksi; makanan tradisional; meningkatkan perkonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rohmah Muansifatur
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:16
Last Modified: 17 Jan 2018 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item