Peningkatan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Think Pair Share kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haflfa, Aulita (2012) Peningkatan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Think Pair Share kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aulita Hafifa_D37208015.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Klapayan 2 Sepulu masih beium mencapai hasil belajar yang maksimal. Salah satu faktor , diantaranya guru yang menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu, siswa kelas IVA SDN Klapayan 2 Sepulu kurang aktif dan kreatif dalam memunculkan ide/gagasan dan bertanya tentang sesuatu yang belum mereka mengerti. Permasalahan yang dikaji peneliti adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Think Pair Share dilakukan pada siswa kelas IVA SDN Klapayan 2 Sepulu? (2) Apakah peningkatan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVA SDN Klapayan 2 Sepulu dengan menggunakan strategi Think Pair share?. Tujuan dan i penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi pembelajara.n Think Pair Share dilakukan pada siswa kelas WA SDN Klapayan 2 Sepulu. (2) Mengetahui kemampuan siswa dengan menggunakan strategi Think Pair Share pada mata pelajaran IPA kelas IVA SDN Klapayan 2 Sepulu. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan reflelcsi. Adapun pengtunpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Path uraian diatas peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dan i hasil belajar siswa kelas IVA SDN Klapayan 2 Sepulu yang mengalatni peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I prosentase kelas hanya mencapai 69.78% meningkat pada siklus II yaitu dengan prosentase 78.02% dengan kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haflfa, AulitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Kemampuan belajar; strategi Think Pair Share; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:42
Last Modified: 18 Jan 2018 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22019

Actions (login required)

View Item View Item