PERAN LAYANAN INFORMASI DALAM MEMANTAPKAN PEMINATAN JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA 6 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwi Pratiwi, Bety (2015) PERAN LAYANAN INFORMASI DALAM MEMANTAPKAN PEMINATAN JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA 6 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak siswa yang melanjutkan pendidikan tidak berdasarkan minat dan bakat peserta didik. Hal ini terjadi di SMK PGRI 6 Surabaya yang peminatan jurusan tidak berdasarkan minat siswa dan peminatan jurusan berdasarkan faktor ekstern. Faktor ekstren seperti ikut-ikutan, paksaan dari orang tua, jurusan yang ingin sudah penuh. Hal ini akan mempengaruhi kegiatan belajar mengajar siswa, banyak yang bolos, sukar memahami pelajaran jurusan, sampai ada yang pindah jurusan bahkan ingin keluar dari sekolah tersebut. Dengan adanya masalah tersebut, maka pihak guru bimbingan konseling melakukan layanan informasi sebanyak-banyaknya untuk memantapkan peminatan jurusan. Hal bertujuan agar siswa dapat mengetahui dan mengenali dirinya dan lingkungan sekitarnya. Peneliti mengangkat judul “Peran Layanan Informasi dalam memantapkan peminatan jurusan di SMK PGRI 6 Surabaya”. Masalah yang diteliti adalah 1) bagaimana pelaksanaan layanan informasi di SMK PGRI 6 Surabaya?, 2) bagaimana cara memantapkan peminatan jurusan di SMK PGRI 6 Surabaya?, dan 3) bagaimana peran layanan informasi dalam memantapkan peminatan jurusan di SMK PGRI 6 Surabaya?.Terkait dengan penelitian diatas, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk menjawab pertanyaan yang ada diatas. Penelitian ini untuk memberikan gambaran atau fakta mengenai peran layanan informasi dalam memantapkan peminatan jurusan di SMK PGRI 6 Surabaya. Teknik Pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Temuan dalam skripsi ini berdasarkan rumusan masalah diantaranya sebagai berikut 1) layanan informasi sudah diberikan secara maksimal namun siswa banyak yang belum paham dan mengerti.2)ada beberapa cara yakni menyebarkan data individu, motivasi, pendalaman materi, kunjungan ke dunia industri, dan memberikan layanan khusus (layanan konseling). 3)Peran layanan informasi dalam mematapkan peminatan jurusan, dalam hal peranan dari guru bimbingan konseling sudah dilakukan dengan baik, namun dalam tindak lanjut kurang dilakukan secara maksimal sehingga masih belum afektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dr. Ali Maksum, M.Ag. M.Si
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwi Pratiwi, BetyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Minat Siswa
Keywords: Layanan Informasi ; Pemantapan Peminatan Jrusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 273 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 02:50
Last Modified: 19 Aug 2015 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item