Pengembangan bahan ajar al-Qur'an Hadis berbasis antikorupsi di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayyubi, Faizal (2017) Pengembangan bahan ajar al-Qur'an Hadis berbasis antikorupsi di Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Faizal Ayyubi_F52315205.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar Al-Qur’an Hadis Berbasis Antikorupsi merupakan salah satu upaya memahamkan siswa terhadap pendidikan antikorupsi perspektif al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini menghasilkan produk buku ajar berjudul “Hidup tenteram Karena Jujur dan Adil”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang kegelisahan penulis terhadap belum adanya kepahaman dari siswa terhadap jenis-jenis tindakan korupsi, belum adanya kepahaman dari siswa terhadap pendidikan antikorupsi, nilai-nilai antikorupsi pada buku ajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Surabaya masih parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar Al-Qur’an Hadis yang berbasis pendidikan antikorupsi kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Surabaya, mengetahui kelayakan dan efektifitas dari produk hasil pengembangan. Untuk mencapai tujuan di atas, jenis penelitian yang dilakukan adalah research and development (R&D) yang mengacu pada model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji internal angket dan uji operasional One Group pretest-posttest, dengan dianalisis tingkat kevalidan produknya kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini: 1) Produk buku ajar Al-Qur’an Hadis berbasis Antikorupsi dengan tema “Hidup Tenteram Karena Jujur dan Adil”. 2) Buku ajar telah memenuhi tingkat kelayakan dengan hasil validasi ahli materi 3) Hasil belajar rata-rata pretest 42,6 dan nilai rata-rata posttest 87,3. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung 5,132 sedangkan ttabel 2,048 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga buku ajar Al-Qur’an Hadis berbasis Antikorupsi dapat meingkatkan pemahaman siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Surabaya 44,6%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayyubi, Faizalfaizalayyubi88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Al Qur'an
Hadis
Korupsi
Keywords: Bahan ajar; antikorupsi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayyubi Faizal
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:05
Last Modified: 07 Feb 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22146

Actions (login required)

View Item View Item