Strategi promosi model jaringan dakwah dalam meningkatkan jumlah pembiayaan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Mufaridatul (2018) Strategi promosi model jaringan dakwah dalam meningkatkan jumlah pembiayaan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mufaridatul Latifah_G74214052.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Promosi Model Jaringan Dakwah Dalam Meningkatkan Jumlah Pembiayaan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur” ini merupakan penelitian tentang strategi promosi suatu lembaga keuangan Islam yang berbeda dengan lembaga-lembaga lain yaitu promosi model jaringan dakwah yang mampu meningkatkan jumlah pembiayaan di lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi promosi model jaringan dakwah di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur dan menganalisis strategi promosi model jaringan dakwah dalam meningkatkan jumlah pembiayaan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara informan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur adalah model jaringan dakwah yang dilakukan dengan dua cara. Yang pertama, dilakukan pada saat berdakwah di : (a) majelis-majelis ta’lim dan pesantren, (b) majelis-majelis jamaah ibu-ibu dan tahlil, (c) mengisi khotbah jumat di beberapa masjid, dan (d) pengajian rutin di rumah pihak koperasi. Yang kedua, dengan dilakukannya perluasan jaringan yang dibantu oleh para anggota lama koperasi. Dan dengan menggunakan marketing ini, KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur untuk jumlah transaksi pembiayaan mengalami peningkatan di tahun 2015 sebesar 0,99% dari tahun sebelumnya, 2014. Dan pada tahun 2016 pun mengalami peningkatan yang lebih besar yaitu 17,56% dari tahun 2015. Sedangkan untuk jumlah nilai pembiayaan, KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur mengalami peningkatan yaitu di tahun 2015 meningkat sebesar 75,58% dari tahun sebelumnya, 2014. Dan pada tahun 2016 meningkat sebesar 61,46% dari tahun sebelumnya, 2015. Meskipun persentase menurun, tetapi masih dapat dikatakan berhasil karena telah melebihi target, yaitu meningkat sebesar 25% tiap tahun. Dimana produk unggulan KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur tersebut yaitu murabahah, musharakah, dan ijarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Mufaridatulmufarida.latifah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keuangan Islam
Promosi
Keywords: Strategi promosi; jaringan dakwah; pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Latifah Mufaridatul
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:24
Last Modified: 07 Feb 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item