الإعلال وفائدته في سورة يس: دراسة صرفية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Nur Lailiyatul (2017) الإعلال وفائدته في سورة يس: دراسة صرفية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Lailiyatul Fajriyah_A71214046.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai I’lal dan faidahnya beserta kaidah-kaidahnya dalam surat Yasin. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana bentuk kata yang mengandung I’lal dalam surat Yasin? Apa saja macam-macam dan faidahnya I’lal yang terdapat dalam surat Yasin?. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah disiplin ilmu shorof khususnya pada pembahasan I’lal dengan menggunakan metode kualitatif-analisis, yaitu penelitian yang menuturkan, menganalisis dan mengklasifikasikan mengenai I’lal yang terdapat dalam surat Yasin. Proses penelitian menunjukkan bahwa dalam bahasa arab huruf dibagi menjadi dua, yaitu huruf shahih dan huruf‘illat. Masing-masing huruf memiliki karakteristik trsendiri, sedangkan salah satu karakteristik huruf ‘illat adalah sulitnya pengucapan dalam keadaan tertentu, seperti huruf ya’ sukun yang sulit diucapkan jika jatuh setelah harokat dhummah dan kasroh. Kesulitan pengucapan ini memunculkan kaidah-kaidah perubahan pada kata tersebut dan hal ini menimbulkan adanya keringanan dalam pengucapannya. Adapun kaidahnya yang membahas perubahan ini yaitu I’lal. I’lal merupakan pembelajaran yang sangat penting yang harus dikuasai, serta akan membantu memudahkan pelajar untuk mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Sedangkan surat Yasin adalah surat yang ke-36, terdiri dari 83 ayat yang diturunkan di Makkah. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hari 83 ayat dalam surat Yasin terdapat 76 kata yang mengandung I’lal, dengan perincian I’lal bi qalb42 kalimat, I’lal bi taskin 10, I’lal bi hamzah 6, I’lal bi hadf wa taskin 5, I’lal bi qalb wa taskin 10, I’lal bi hadf wa qalb wa taskin 3 kalimat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Nur Lailiyatulnurlailiyatulf.allah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: I'lal Surat Yasin
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fajriyah Nur Lailiyatul
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:09
Last Modified: 12 Feb 2018 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item