Peningkatan keterampilan menulis huruf al-Quran (Surat Al-Maun, Al-Kafirun, At-Takasur) melalui practice rehearsal pairs di kelas V SD Al-Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Wahyu Ika (2018) Peningkatan keterampilan menulis huruf al-Quran (Surat Al-Maun, Al-Kafirun, At-Takasur) melalui practice rehearsal pairs di kelas V SD Al-Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Ika Wulandari_D77214050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah problem yang dialami siswa ialah kurangnya keterampilan menulis Al-Qur’an Surat al-maun, al-kafirun, dan at-takasur karena guru sering menggunakan meode membaca dan ceramah. Sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan menulis. Hal ini dikarenakan rendahnya siswa dalam menulis Al-Qur’an Surat al-maun, al-kafirun, dan at-takasur. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada materi menulis Al-Qur’an Surat al-maun, al-kafirun, dan at-takasur. (2) untuk mengetahui peningkatan Al-Qur’an Surat al-maun, al-kafirun, dan at-takasur dengan menggunakan pembelajaran Practice Rehearsal Pairs di kelas V SD Al-Islamiyah Putat Tanggulangin Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin yang satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Penerapan Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Penerapan Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs selama proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi menulis Al-Qur’an surat al-maun, al-kafirun, dan at-takasur telah berlangsung dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan. Dapat dilihat dari nilai akivitas siswa siklus I sebesar 75 dan naik pada siklus II menjadi 86,76. Penggunaan pembelajaran Practice Rehearsal Pairs untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan baik. (2) peningkatan keterampilan pada kemampuan belajar yang memuaskan karena dari pra siklus yang hanya mendapatkan nilai rata-rata 74,53 dengan prosentase ketuntasan mencapai 40% hasil ini meningkat dengan diadakannya penelitian dengan nilai rata-rata yang diperoleh 75,12 dengan prosentase ketuntasan mencapai 56,7% pada siklus I dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 90,02 dengan prosentase ketuntasan mencapai 86,7%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Wahyu Ikaika13wulan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Keywords: Peningkatan Keterampilan; Menulis; Al-Qur’an; Surat al-maun; al- kafirun, at-takasur; Practice Rehearsal Pairs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wulandari Wahyu ika
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:33
Last Modified: 09 Feb 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22536

Actions (login required)

View Item View Item