STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF KH. HASHIM ASH’ARI DAN SHAIKH ‘UMAR BIN AHMAD BARAJA’

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jibril, Moch (2015) STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF KH. HASHIM ASH’ARI DAN SHAIKH ‘UMAR BIN AHMAD BARAJA’. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan saat ini sering dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah pelajar dan lulusan pendidikan tersebut yang menunjukkan sikap kurang terpuji. Banyak pelajar yang terlibat tawuran, tindakan kriminal, dsb. Perbuatan tersebut telah meresahkan masyarakat dan merepotkan banyak pihak.
Berangkat dari problematika yang terjadi, maka menjadi penting bahwa pendidikan akhlak adalah hal yang pertama dan mendasar harus dimiliki oleh pendidik dan peserta didik. Oleh karena itu, perlu kiranya untuk kembali mempelajari pemikiran tokoh-tokoh pendidikan Islam yang dalam pemikirannya betul-betul memosisikan akhlak secara serius dan primer.
Masalah yang diteliti adalah 1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam perspektif KH. Hashim Ash’ari, 2) Bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam perspektif Shaikh ‘Umar bin Ahmad Baraja’?, 3) Bagaimana perbandingan konsep pendidikan akhlak antara KH. Hashim Ash’ari dan Shaikh ‘Umar bin Ahmad Baraja’?
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menganalisis dengan jenis penelitian kualitatif dengan model kepustakaan. Dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa dokumenter.
Berdasarkan uraian tersebut, data penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hashim Ash’ari meliputi: Keutamaan ilmu. Etika belajar, etika terhadap guru, etika belajar, dan etika terhadap buku. 2) konsep pendidikan akhlak munurut Shaikh ‘Umar bin Ahmad Baraja’ yaitu peserta didik yang dicintai, etika sebelum berangkat sekolah, etika dalam perjalanan menuju sekolah, etika saat di sekolah, etika menjaga fasilitas (sekolah), etika terhadap guru, dan etika terhadap teman. 3) Hasil analisis perbandingan yaitu menyangkut perbedaan dan persamaan diantara keduanya. perbedaannya yaitu seputar pembahasan dan situasinya serta nuansa pemikiran. Poin-poinnya yaitu Etika sebelum belajar, Etika terhadap fasilitas (sekolah), Etika terhadap makanan, Etika berbicara saat berkunjung ke rumah guru. Sedangkan persamaannya yaitu Tujuan mencari ilmu, Etika terhadap guru, Etika pergaulan, Etika terhadap fasilitas belajar, materi pelajaran dan kebersihan – kesehatan.
Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa KH. Ha>shim Ash’ari dan Shaikh ‘Umar bin Ahmad Baraja’ memiliki pandangan tersendiri tentang konsep pendidikan akhlak, namun di satu sisi keduanya juga memiliki banyak persamaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Al-Qudus
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jibril, MochUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Studi Komparasi; Konsep Pendidikan Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2015 07:50
Last Modified: 28 Sep 2015 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item